kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR13.554
  • SUN103,53 -0,27%
  • EMAS603.986 -0,83%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Melahap ikan bikin pintar dan tidur nyenyak?

Rabu, 03 Januari 2018 / 11:44 WIB

Melahap ikan bikin pintar dan tidur nyenyak?

Edi dan Melka membuka kedai makanan dengan menu utama ikan air tawar. Jenis ikan yang menjadi pilihan adalah ikan gurami. Karena itu pula tempat makan yang mereka dirikan pada tahun 2004 itu, diberi nama Radja Gurame. “Ikan itu dipilih oleh pendiri Radja Gurame karena pada waktu itu memang gurami paling mudah didapat, jadi spesialisasi kami di gurami,” ujar Andre Eugenius, Operational Manager Radja Gurame. Olahan gurami ala kedai Radja Gurame belakangan menuai banyak peminat. Kedai yang beralamat di Kompleks Pertokoan Pondok Gede Plasa ini harus menyediakan stok ikan gurami hingga 100 kilogram (kg) sehari. Asumsinya, per satu kg ada tiga ekor ikan. Dan stok sebanyak itu ludes dalam satu hari saja. “Di hari biasa pengunjung kami sekitar 100 orang. Tapi sepanjang akhir pekan, jumlahnya bisa naik dua kali lipat,” ujar Andre. Dia mengungkapkan, mayoritas pengunjung Radja Gurame adalah rombongan atau keluarga. Kedai ini juga sering memfasilitasi untuk acara rapat, ulangtahun, atau arisan. Untuk memesan tempat, konsumen harus melakukan reservasi sehari sebelum acara. Kedai ini memiliki tiga lantai. Lantai pertama dan kedua merupakan tempat makan, sementara lantai tiga sebagai dapur. Bila di lantai satu, pengunjung bisa menikmati makanan dengan duduk di kursi. Sementara di lantai dua, pengunjung bisa menikmati makanan dengan cara lesehan. Andre mengungkapkan, Ra-dja Gurame di Pondok Gede temanya industrial. “Menunya sendiri kami bedakan paket dan non paket, ini bertujuan untuk memfasilitasi pengunjung yang price oriented,” katanya. Bila pengunjung memesan paket makan, maka mereka akan mendapatkan lauk utama, nasi, lalapan, tahu, dan tempe. Jadi tak perlu repot pilih menu. Ada beberapa jenis olahan ikan gurami yang bisa dipesan. Antara lain gurame cabe ijo, gurame kuah thailand, yang menjadi menu andalan di Radja Gurame, dan gurame bakar yang menjadi menu yang paling banyak dipesan pembeli. Foto: KONTAN/Marshal Sautlan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat ikan untuk kesehatan sudah diakui sejak dulu. Benefit itu didapatkan antara lain dari asam lemak omega-3—yang disebut baik untuk kesehatan jantung, mengurangi kekakuan sendi, serta menurunkan risiko depresi.

Ikan pun kian populer menjadi makanan untuk menjaga tubuh tetap bugar dan sehat, khususnya di antara orang-orang yang belum pernah mengonsumsi banyak ikan.

Studi juga menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih banyak ikan (dan lebih banyak omega-3) dapat membantu menyembuhkan Anda setelah serangan jantung, mengurangi efeknya, serta memberikan tindakan anti-inflamasi secara umum.

Nah, sekarang ada alasan baru mengapa ikan perlu ada dalam menu Anda, yakni karena ikan dianggap dapat membuat tidur lebih nyenyak dan meningkatkan fungsi otak.

Menurut studi terbaru dari University of Pennsylvania, anak-anak yang makan ikan dalam seminggu mendapatkan nilai IQ lima poin lebih tinggi, dan disebut lebih sedikit mengalami gangguan tidur.

Dalam penelitian yang menganalisis lebih dari 500 anak-anak berusia 9-11 tahun itu memang tak diidentifikasi jenis ikan yang diasup, tapi para peneliti tertarik untuk mendalami jenis ikan apa saja yang dapat meningkatkan performa otak dan tidur lebih baik. Bila selama ini ikan salmon diakui memiliki banyak lemak omega-3, namun ternyata sarden serta ikan kembung pun kaya akan kandungan tersebut.

“Kekurangan waktu tidur terkait dengan perilaku anti-sosial; kemampuan kognisi yang rendah terkait dengan perilaku anti-sosial,” kata Adrian Raine, Ph.D, profesor kriminologi, psikiatri dan psikologi di University of Pennsylvania.

“Kami menemukan bahwa suplemen omega-3 mengurangi perilaku anti-sosial, sehingga tak mengejutkan bahwa ikan berperan besar dalam hal tersebut. Jika ikan meningkatkan kualitas tidur, maka itu hal yang bagus. Jika turut serta meningkatkan kemampuan kognitif—seperti yang ditemukan saat ini—lebih bagus. Dua kali lebih baik.”

Artikel ini tayang di Kompas.com berjudul Ingin Tidur Lebih Baik dan Otak Lebih Pintar? Makan Ikan… 


Sumber : Kompas.com
Editor : Dessy Rosalina

KESEHATAN

Berita terbaru Kesehatan

Tag
Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hotel Santika Hayam Wuruk
07 March 2018 - 08 March 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy
Close [X]