kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,89   6,14   0.68%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat tidur tanpa celana dalam


Selasa, 26 Januari 2016 / 15:46 WIB
Manfaat tidur tanpa celana dalam


Reporter: Amal Ihsan Hadian | Editor: Amal Ihsan

Makhluk hidup memerlukan tidur yang cukup. Tidur yang nyenyak dan cukup sangat penting dan bahkan tidak bisa digantikan oleh aktivitas apapun. Tidur bukan hanya penting untuk mengembalikan kebugaran tubuh, tetapi juga krusial untuk proses regenerasi sel-sel tubuh, pemulihan, dan detoksifikasi.

Ada banyak cara untuk memaksimalkan manfaat tidur bagi tubuh kita. Salah satunya, ini serius, adalah dengan tidur tanpa celana dalam. Apa? Yang benar saja? Anda boleh percaya atau tidak, meski kelihatan seperti gurauan, tidur tanpa celana dalam ternyata membawa banyak manfaat untuk kesehatan lho. Lantas apa pentingnya tidur tanpa celana dalam?

Sebelum sampai ke sana, coba pikirkan sebuah fakta berikut: berapa lama Anda memakai celana dalam dalam sehari? Anggaplah Anda bugil ketika mandi dan buang air. Kalau Anda mandi plus BAB selama setengah jam, dua kali sehari, praktis organ intim Anda 'bebas menghirup udara' selama hanya 1 jam dari 24 jam. Kalau seminggu berarti 23 jam 7 atau 161 jam, organ intim Anda 'terperangkap pengapnya' celana dalam.

Lantas apa masalahnya dengan terus-menerus memakai celana dalam? Seperti diungkap sciencealert.com, merusak produksi dan kualitas sperma. Menurut penelitian US National Institute of Child Health and Human Development terhadap 500 laki-laki, mereka yang tidur malam tanpa celana dalam atau memakai celana pendek saja, memiliki kualitas sperma yang lebih baik.

Hasil studi menghasilkan kesimpulan, untuk menghasilkan sperma yang berkualitas, testis harus berproduksi pada suhu di bawah 36,67 derajat Celcius. Jika suhu testis melebihi batas, akan merusak morfologi sperma. Walhasil, pembuahan yang diharapkan akan menghasilkan keturunan, kecil kemungkinan akan terjadi.

Secara umum, para peneliti percaya memakai celana dalam terus menerus akan menyebabkan suhu di seputar organ intim meningkat. Ini yang dipercaya merusak kualitas sperma. Memakai celana dalam juga membuat organ intim menjadi lebih lembap yang ujungnya meningkatkan pertumbuhan bakteri, jamur, atau penyakit kulit lainnya. Ini terutama penting untuk perempuan.  

“Yang baik adalah membiarkan organ intim terpapar udara bebas. Ini akan mengurangi pertumbuhan bakteri atau infeksi yang tidak diinginkan," kata Sherry Thomas, dokter spesialis ginekologi dan obstetri di St. John Regional Medical Center, California, Amerika Serikat.

Selain itu, yang tidak kalah penting, tidur tanpa celana dalam juga bisa meningkatkan gairah suami istri untuk berhubungan seksual. Tak percaya? Coba saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×