kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Menurunkan Risiko Kanker, Yuk Simak!


Selasa, 07 Mei 2024 / 12:45 WIB
Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Menurunkan Risiko Kanker, Yuk Simak!
ILUSTRASI. Manfaat Rebusan Daun Sirih Untuk Menurunkan Risiko Kanker


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Manfaat rebusan daun sirih untuk menurunkan risiko kanker adalah salah satu khasiat yang penting diketahui. Selain itu, masih banyak manfaat rebusan daun sirih lainnya bisa didapatkan jika diolah dan dikonsumsi dengan benar.

Tak berhenti disitu, rebusan daun sirih juga digunakan sebagai obat herbal atau alami sejak zaman nenek moyang. Tak heran, daun sirih menjadi salah satu jenis dedaunan yang cukup populer dan dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Banyaknya manfaat rebusan daun sirih dikarenakan daun tersebut menyimpan banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, protein, flavonoid dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Mencegah Gula Darah Tinggi, Hindari 6 Pantangan Makanan & Minuman Untuk Diabetes

Salah satu cara mengkonsumsi daun sirih yang cukup populer di antaranya dengan cara direbus. Setelah itu, air rebusan daun sirih tersebut bisa langsung dikonsumsi.

Lalu, apa saja manfaat rebusan daun sirih yang bisa didapatkan?

Melansir dari laman Kementerian Kesehatan, berikut beberapa manfaat rebusan daun sirih:

Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat rebusan daun sirih di antaranya baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Pasalnya, kandungan dalam daun sirih mampu meningkatkan metabolisme sehingga fungsi kerja usus berjalan optimal dalam menyerap nutrisi.

Tak heran, rebusan daun sirih juga digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit.

Baca Juga: Cara Mengatasi Asam Urat Ampuh, Sudah Coba 5 Vitamin dan Suplemen Ini?

Menyembuhkan Luka

Rebusan daun sirih juga efektif untuk membantu menyembuhkan luka. Pasalnya, rebusan daun sirih mengandung antiseptik yang memiliki peran penting dalam menyembuhkan luka.

Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Kandungan antimikroba dalam rebusan daun sirih menjadi salah satu hal yang baik untuk kesehatan mulut dan gigi. Pasalnya, kandungan tersebut bisa membantu membunuh bakteri yang tersisa dalam mulut dan gigi. Tak heran, sebagian orang kerap mengkonsumsi daun sirih secara langsung.

Mengontrol Gula Darah

Manfaat rebusan daun sirih selanjutnya juga tak kalah penting yaitu mampu membantu mengontrol gula darah dalam tubuh. Hal tersebut dikarenakan meminum rebusan daun sirih secaran bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga, gula darah dalam tubuh bisa terkendali dan terhindar dari penyakit diabetes. 

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi Untuk Mengatasi Asma, Catat 5 Khasiat Ini

Menurunkan Risiko Kanker

Tak hanya itu, rebusan daun sirih juga berperan aktif dalam menurunkan risiko kanker. Daun sirih dikenal memiliki senyawa-senyawa bisa mencegah kanker seperti fenolik, antioksidan, anti bakteri fitokimia dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, meminum air rebusan daun sirih bisa membantu mencegah tubuh terkena kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×