kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lewat Kartu Debit, BRI Bidik Anak Muda


Sabtu, 18 Mei 2013 / 07:35 WIB
Lewat Kartu Debit, BRI Bidik Anak Muda
ILUSTRASI. Mau bagiin Spotify Wrapped 2021 ke Instagram Stories? Mudah kok, begini caranya


Reporter: Dessy Rosalina | Editor: Roy Franedya

JAKARTA. Bank Rakyat Indonesia (BRI) berusaha memupuk dana pihak ketiga (DPK) dengan cara menggaet penabung muda. "Alat pancing" yang digunakan adalah kartu debit edisi terbatas "Man of Steel" dengan mengusung tokoh Superman.

Kartu menggunakan ikon internasional ini merupakan kartu debit pertama yang diluncurkan BRI. Saldo minimum kartu debit ini Rp 500.000. Manajemen BRI menargetkan bisa menerbitkan 150.000 kartu tersebut tahun ini dengan nilai transaksi mencapai Rp 1 triliun.

Bank spesialis usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ini berharap kartu tersebut bisa menggaet nasabah usia 18 tahun - 30 tahun. Executive Vice President Dana dan Jasa BRI, Widodo Januarso, mengatakan penabung muda perlu dirangkul karena belanja online melalui e-commerce akan semakin meningkat di masa depan. Untuk membayar transaksi itu, mereka akan menggunakan kartu debit.

Selain itu, lanjut Widodo, BRI perlu memperbaiki profil penabungnya. Penabung uang produktif sangat minim di BRI. Sebagian besar penabungnya merupakan masyarakat berusia 45 tahun ke atas. "Rencana akan ada lagi kartu debit edisi terbatas lainnya," imbuh Widodo.

BRI berharap program tersebut bisa berkontribusi 10% dari target jumlah nasabah BRI Britama yang sebanyak 11 juta nasabah. Saat ini, nasabah tabungan Britama mencapai 9 juta nasabah.

Sebelum BRI, Bank Permata sudah lebih dulu menerapkan mengaet nasabah anak-anak. Bank ini menawarkan produk tabungan "Pertama Bintang" dengan menggunakan ikon Disney pada buku tabungan dan kartu debitnya.

Program ini cukup sukses. Sejak dirilis tahun 2010 hingga 2012, jumlah nasabahnya sudah mencapai 200.000 nasabah, dengan dana kelolaan mencapai Rp 500 miliar. Permata Bintang berkontribusi 0,47% terhadap DPK.

"Jumlah nasabah Permata Bintang dalam dua tahun tersebut selalu meningkat lima kali lipat. Rata-rata tabungan anak sekitar Rp 2,5 juta," ujar Direktur Ritel Banking Bank Permata, Lauren Sulistiawati.

Bank BNI juga mendulang sukses sama dengan menggaet penabung muda. Dengan menggandeng klub sepakbola asal Inggris, Chelsea, BNI menjadikan penggemar fanatiknya sebagai nasabah BNI. Alhasil, sejak diterbitkan pada medio 2012 hingga akhir Februari 2013, jumlah pemilik kartu kredit dan debit co branding BNI-Chelsea mencapai 105.571 nasabah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×