kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lakukan dengan rutin, ini cara atasi sesak napas


Selasa, 30 Maret 2021 / 16:35 WIB
Lakukan dengan rutin, ini cara atasi sesak napas


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak hal yang menyebabkan Anda mengalami sesak napas. Salah satunya adalah kondisi paru-paru yang kurang prima. Jika Anda mengalami hal itu, cara mengatasi sesak napas pun perlu Anda lakukan. Tujuannya agar kondisi paru-paru semakin kuat sehingga sesak napas pun dapat dicegah.

Mengutip dari Best Health (besthealthmag.ca), latihan pernapasan bisa membuat kondisi paru-paru membaik. Cobalah untuk menghirup udara dari hidung lalu mengeluarkannya melalui mulut. Usahakan untuk melakukan latihan tersebut beberapa kali serileks mungkin.

Selain latihan pernapasan, tentu masih banyak cara yang bisa Anda coba agar sesak napas tak sering terjadi. Mulai dari memperbaiki postur tubuh, berjalan, dan lain sebagainya. Namun, jika sesak napas masih sering terjadi, segera periksakan diri ke dokter, ya.

Berenang

Salah satu cara mengatasi sesak napas yang bisa Anda lakukan adalah dengan berenang. Jenis olahraga air itu efektif membuang sisa karbon dioksida dan menghindarkan Anda dari kelelahan. Tak hanya berpengaurh pada paru-paru, hobi berenang juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

Baca Juga: 7 Manfaat binahong untuk kesehatan: mengobati sesak nafas sampai meningkatkan imun

Postur Tubuh

Best Health mengatakan bahwa sesak napas bisa Anda hindari dengan memperbaiki postur tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa postur tubuh yang buruk dapat menekan paru-paru sehingga saluran pernapasan pun terganggu.

Artinya, tubuh tak bisa mendapat jumlah oksigen yang dibutuhkan sehingga Anda pun merasa sesak napas dan tidak berenergi. Dengan mempraktikkan postur tubuh yang baik, tubuh Anda menjadi lebih mudah untuk mendapat oksigen sesuai dengan kebutuhan.

Pilates

Jika Anda mencari cara mengatasi sesak napas, cobalah untuk melakukan pilates. Kegiatan tersebut dapat memperkuat diafragma sehingga pernapasan pun lebih terkontrol. Selain itu, pilates juga mampu mengurangi sakit punggung.

Baca Juga: Perhatian! Ini penyakit yang sering muncul di musim penghujan

Jalan

Jalan kaki termasuk salah satu cara mengatasi sesak nafas.

Bagi Anda yang belum terbiasa olahraga, mulailah dengan berjalan kaki minimal selama 20 menit dalam sehari. Kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan kekuatan paru-paru dan jaringan di sekitarnya. Setelah terbiasa, Anda bisa meningkatkan intensitas olahraga itu dengan berjalan di area yang menanjak.

Hal yang perlu diperhatikan adalah usahakan untuk tetap menggunakan postur tubuh yang baik. Hal itu perlu Anda lakukan supaya oksigen bisa masuk ke organ dan saluran pernapasan dengan lebih maksimal.

Selanjutnya: Bahan alami ini cocok jadi obat sesak nafas, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×