kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lakukan 4 hal ini untuk menghindari infeksi Covid-19


Jumat, 23 April 2021 / 13:58 WIB
Lakukan 4 hal ini untuk menghindari infeksi Covid-19
ILUSTRASI. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 detik bisa menghindarkan Anda dari Covid-19. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksin Covid-19 memang sudah ditemukan. Namun, bukan berarti Anda bisa melakukan banyak hal tanpa menerapkan protokol kesehatan secara disiplin. Vaksin hanya mampu menurunkan tingkat keparahan infeksi, bukan benar-benar membuat tubuh Anda kebal dari Virus Corona.

Saat melakukan kegiatan sehari-hari, usahakan untuk selalu menggunakan masker dengan cara yang benar. Pilihlah masker yang sesuai dengan standar dan nyaman untuk dipakai. Selain itu, pastikan untuk selalu jaga jarak dengan orang lain. Apalagi di tempat yang dipenuhi oleh banyak orang.

Rajin cuci tangan dengan sabun dan air mengalir pun tidak boleh Anda lupakan. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak langkah pencegahan infeksi Virus Corona lainnya yang perlu Anda coba. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhindar dari Covid-19.

Perhatikan Durasi Cuci Tangan

Seperti yang sudah dikatakan, cuci tangan adalah hal penting yang perlu Anda lakukan secara disiplin selama pandemi Virus Corona. Namun, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu durasi cuci tangan.

Eatthis.com mengatakan, usahakan untuk cuci tangan lebih dari 20 detik. Dengan begitu, virus dan jenis kuman lain yang menempel di tangan bisa benar-benar hilang. Jika Anda kesulitan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Anda bisa menggantinya dengan hand sanitizer.

Baca Juga: Tips dari WHO, cara membuat masker kain yang efektif untuk mencegah Covid-19

Tutup Mulut Saat Bersin dan Batuk

Penyebaran Virus Corona berasal dari droplet air liur yang Anda keluarkan. Maka dari itu, Anda perlu menutup mulut saat bersin atau batuk. Anda bisa menggunakan tisu atau bagian dalam siku supaya tidak ada droplet yang menyebar.

Hindari Memegang Gagang Pintu

Melansir Eatthis.com, Virus Corona bisa bertahan di permukaan benda padat selama dua hingga tiga hari. Untuk menghindari infeksi Covid-19, cobalah sebisa mungkin untuk tidak memegang gagang pintu menggunakan telapak tangan.

Anda bisa membuka pintu dengan siku atau lengan supaya tangan Anda tak terkontaminasi dengan Virus Corona atau jenis kuman yang lain. Sesuai dengan poin sebelumnya, cobalah untuk rajin cuci tangan. Apalagi Anda baru saja berada di tempat umum.

Baca Juga: Ini cara mencegah Covid-19 yang paling efektif

Hindari Makan di Restoran

Tidak makan langsung di restoran termasuk salah satu pencegahan Covid-19.

Cara mencegah infeksi Virus Corona berikutnya adalah dengan tidak makan langsung di restoran atau kafe. Tempat-tempat itu memiliki ventilasi udara yang buruk sehingga meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19, meski Anda sudah mendapat vaksin.

Selanjutnya: Covid-19 gelombang baru menyerang Eropa & Asia, ini cara mencegah yang paling efektif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×