kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kerap alami overthinking? Coba hilangkan dengan cara mudah ini


Selasa, 09 Maret 2021 / 16:17 WIB
Kerap alami overthinking? Coba hilangkan dengan cara mudah ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Overthinking adalah kebiasaan memikirkan sesuatu secara berlebihan. Jika terus dibiarkan, overthinking bisa mengganggu kualitas hidup Anda. Maka dari itu, cobalah berbagai macam cara mengatasi overthinking.

Setiap orang mengalami masalah yang berbeda-beda. Biasanya, Anda akan overthinking jika mengalami masalah yang berat. Kebiasaan itu berpengaruh buruk untuk kondisi Anda jika sampai hal-hal remeh pun Anda pikirkan secara terus-menerus.

Saat overthinking, tubuh akan melepaskan hormon stres yang dapat merusak sel dan kesehatan tubuh Anda. Misalnya, Anda menjadi rentan mengalami sakit perut, radang lambung, dan lain sebagainya. Selain berkonsultasi dengan dokter, ada beberapa solusi overthinking yang perlu Anda coba.

Tetapkan Batas Waktu

Overthinking membuat Anda kesulitan untuk menentukan keputusan. Termasuk keputusan untuk hal-hal remeh. Supaya hal itu tidak terus terjadi, cobalah untuk menetapkan batas waktu atau deadline.

Mengutip dari Positivity Blog (positivityblog.com), cobalah untuk membagi keputusan menjadi dua tipe, yaitu keputusan besar dan keputusan kecil. Untuk keputusan kecil, seperti membalas pesan, tentukan deadline selama 30 detik. Untuk keputusan besar, coba tentukan dalam waktu 30 menit.

Baca Juga: Ingin mengatasi overthinking? Coba lakukan beberapa cara ini

Sadari Apa yang Tidak Bisa Anda Kontrol

Cara mengatasi overthinking selanjutnya adalah sadari bahwa Anda tidak bisa mengontrol semua hal. Mungkin ada ketakutan dalam diri Anda pada kegagalan atau membuat kesalahan. Namun, ketakutan itu adalah hal yang normal.

Cobalah untuk fokus pada hal-hal yang bisa Anda kontrol. Misalnya, Anda tidak ingin gagal dalam ujian masuk perguruan tinggi. Alih-alih memikirkan kegagalan yang belum pasti terjadi, Anda hanya perlu fokus mempersiapkan diri dengan belajar materi ujian.

Baca Juga: 7 Cara atasi overthinking yang mengganggu mood dan fokus aktivitas Anda

Olahraga

Rajin olahraga bisa jadi salah satu cara mengatasi overthinking.

Cara menghilangkan overthinking berikutnya yang perlu Anda coba adalah dengan rutin olahraga. Saat melakukan kegiatan itu, jumlah hormon stres akan menurun dan digantikan dengan hormon lain yang mampu membuat perasaan Anda lebih baik.

Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai. Jika olahraga belum jadi kebiasaan Anda, mulailah untuk berjalan kaki minimal dua kali seminggu. Setelah terbiasa, tingkatkan frekuensinya menjadi lima kali seminggu. Selain menurunkan kadar stres, olahraga juga bisa menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cukupi Waktu Tidur

Tidur termasuk cara mengatasi overthinking. Positivity Blog merekomendasikan beberapa tips yang bisa Anda praktikkan. Pertama, atur suasana tidur senyaman mungkin. Kedua, sediakan penutup telinga atau ear plug supaya kualitas tidur tidak terganggu. Ketiga, lakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur.

Selanjutnya: Cara mengatasi overthinking? Ada 4 tahapan mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×