kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45925,20   -6,16   -0.66%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kaya nutrisi, ini 3 pilihan buah yang bagus untuk kulit


Jumat, 12 Februari 2021 / 09:20 WIB
Kaya nutrisi, ini 3 pilihan buah yang bagus untuk kulit


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menggunakan produk perawatan, memanfaatkan bahan alami juga bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan kulit, lo. Salah satunya adalah dengan memilih buah yang bagus untuk kulit, seperti jeruk, pepaya, dan lain sebagainya.

Buah-buah tersebut mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk merawat kulit dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. Cara yang bisa Anda lakukan pun beraneka ragam. Mulai dari mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya terlebih dahulu.

Anda bisa mengolah buah menjadi berbagai macam hidangan lezat, seperti salad atau smoothie. Buah-buah tersebut juda dapat digunakan sebagai perawatan sehari-hari. Dengan begitu, masalah kulit yang Anda alami bisa teratasi dengan baik.

Jeruk

Jeruk mengandung banyak vitamin C dan minyak alami yang mampu melembabkan kulit sehingga kulit terlihat semakin cerah. Selain itu, antioksidan dalam jeruk pun mampu melawan radikal bebas sehingga kulit jadi lebih sehat dan kemunculan tanda penuaan pun bisa Anda hindari.

Skin Kraft (skinkraft.com) merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi setengah buah jeruk setiap hari. Untuk pemilik tipe kulit kulit, cobalah untuk mencampur 3 sdm air jeruk dengan 1 sdt air lemon, ½ sdt susu, sejumput kunyit, dan 1 sdt madu. Aplikasikan pada kulit minimal 10 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Jarang diketahui, inilah ​4 manfaat buah durian bagi kesehatan

Semangka

Semangka termasuk salah satu buah yang bagus untuk kulit. Tak hanya mengandung banyak air, semangka mengandung banyak vitamin C, vitamin A, serat, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. Untuk melembabkan kulit, campur 3 sdm air semangka dengan 1 sdm air lemon dan 1 sdt madu.

Jangan lupa untuk menambah 1 sdt gel lidah buaya agar efeknya semakin terasa di kulit Anda. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, aplikasikan campuran bahan-bahan itu pada kulit wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan dulu selama 10-15 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 9 Makanan yang efektif meredakan asam lambung

Pepaya

Mengutip dari Skin Kraft, pepaya cocok digunakan sebagai pelembab dan mampu membuat kulit semakin halus. Tak hanya itu, pepaya juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit Anda. Bahan alami itu pun dapat Anda olah untuk membersihkan sel kulit mati.

Caranya, campur 1 sdt kulit jeruk dengan pepaya yang sudah ditumbuk hingga halus. Tambahkan 1 sdm air mawar untuk kulit berminyak. Untuk pemilik tipe kulit kering, Anda bisa mengganti air mawar dengan madu. Pastikan untuk tidak menggosok bahan tersebut terlalu kasar karena bisa mengiritasi kulit.

Selanjutnya: 5 buah yang bagus untuk diet, efektif dan mudah didapat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×