kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kaki anak bengkok saat belajar jalan, bahayakah?


Selasa, 03 Mei 2016 / 13:18 WIB
Kaki anak bengkok saat belajar jalan, bahayakah?


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Salah satu hal yang muncul akibat anak belajar berjalan adalah kakinya yang menjadi bengkok. Kondisi ini ternyata sudah ada sejak si kecil bayi lo.

Anak memang cenderung melipat kaki ke dalam sebab posisi tersebut sudah dilakukan sejak mereka berada di dalam rahim. Lalu, aman dan normalkah kaki bengkok saat belajar berjalan?

Biasanya, orangtua merasa aneh dan khawatir ketika melihat anak belajar berjalan dengan bentuk kaki yang tidak normal. Beberapa anak mungkin juga tidak melalui proses ini.

Dilansir dari New Kid Center, kondisi ini adalah normal. Tulang kaki yang sedikit melengkung sejak dalam rahim memang akan masih terlihat hingga ia belajar berjalan. Justru saat belajar itulah mereka mulai belajar meluruskan sebab menanggung berat pada kaki mereka.

Saat pertama kali belajar berjalan, anak sangat hati-hati saat menapakkan kaki mereka dan menjaga keseimbangan. Untuk itulah, mereka senang menekuk lutut untuk menjaga keseimbangan dan menahan berat badan mereka.

Jadi, Anda tidak perlu banyak khawatir akan hal ini. Bentuk kaki yang tidak normal ini akan terlihat hingga beberapa bulan setelah mereka mencoba berjalan.

Meski begitu, beberapa bayi bahkan membutuhkan satu tahun untuk mulai berjalan dengan poster tegak. Selama ia tidak merasa kesakitan dan berjalan dengan normal, orangtua tidak perlu khawatir.

Lalu, kapan orangtua harus khawatir dengan kondisi ini? Ketika posisi ini berlangsung terlalu lama dan kondisinya semakin parah. Orangtua sebaiknya membawa si kecil ke dokter untuk memastikan kondisi ini.

Orangtua juga harus membawa anak ke dokter ketika kaki bengkok saat belajar berjalan tidak kunjung pulih selama dua tahun. Biasanya kaki akan semakin membungkuk dan jari-jari juga tidak menapak dengan sempurna. Orangtua juga harus khawatir jika si kecil mengalami sakit ketika berjalan dan sulit untuk berdiri tegak.

(Niken/Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×