kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jari terasa kaku di ruang AC? Awas penyakit Renaud


Jumat, 23 September 2016 / 17:11 WIB
Jari terasa kaku di ruang AC? Awas penyakit Renaud


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Beberapa orang memang memiliki Raynaud disease, suatu kondisi yang membuat jari tangan dan kaki terasa membeku saat berada di suhu rendah seperti ruang ber-AC.

Tetapi, jika kondisi itu tidak menimbulkan gejala ekstrim, seperti tangan menjadi putih seakan tidak ada aliran darah dan terasa nyeri, Anda tak perlu khawatir.

"Tanda klasik penyakit Raynaud adalah jari-jari Anda benar-benar berubah menjadi putih saat terkena paparan dingin," kata Martha Gulati, MD, kepala kardiologi di University of Arizona College of Medicine, seperti dilansir dari Foxnews.com.

“Dokter tidak sepenuhnya memahami mengapa hal ini terjadi, tetapi mereka percaya bahwa pembuluh darah ke jari tangan dan kaki menyempit untuk beberapa alasan, sehingga suplai darah menjadi sangat berkurang dengan daerah tersebut.”

Orang dengan penyakit Raynaud memiliki gejala tangan mereka berubah merah saat berada di ruang dingin, kemudian jari membiru karena mereka tidak mendapatkan cukup darah. Akhirnya, jari-jari Anda dipenuhi bintik putih dan terasa nyeri.

Bila kondisi itu yang kerap terjadi, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter. Sebuah obat yang disebut vasodilator dapat memberikan solusi, tetapi juga dapat menyebabkan kaki bengkak pada beberapa orang.

Penyakit Raynaud bisa muncul akibat dari kondisi medis lain seperti skleroderma, lupus, atau hipotiroidisme, atau karena merokok atau mengambil obat-obatan resep tertentu. Raynaud juga bisa menjadi faktor keturunan, tapi itu belum jelas.

Tapi jika Anda tidak memiliki telapak tangan merah atau jari menjadi putih atau kondisi-kondisi yang mendasar seperti terasa nyeri, Anda hanya perlu bergerak dari tempat duduk untuk berjalan. Sebab ketika Anda duduk, metabolisme menjadi melambat, yang membuat tubuh kurang hangat.

"Saya pikir itu masalah peredaran darah. Ini pengingat untuk bergerak ketika merasa dingin. Biasanya sirkulasi ke tangan dan kaki akan datang kembali dan akan menjadi baik-baik saja. Selama Anda tidak pernah mengalami jari-jari putih dan nyeri, itu masih normal.” terang Gulati.

(Ayunda Pininta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×