kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jangan pakai masker jenis tertentu ini sebagai pencegahan Covid-19


Jumat, 05 Februari 2021 / 12:49 WIB
Jangan pakai masker jenis tertentu ini sebagai pencegahan Covid-19
ILUSTRASI. Memakai masker dengan ukuran yang pas bisa jadi pencegahan Covid-19 yang efektif. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selain menjaga jarak dengan orang lain dan rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, masih ada protokol kesehatan lainnya yang perlu Anda terapkan, yaitu memakai masker. Pertanyaannya apakah pencegahan Covid-19 itu sudah Anda lakukan dengan benar?

Mengutip dari Eat This, Not That! (eatthis.com), ada beberapa hal tentang masker yang perlu Anda perhatikan. Pertama, hindari memakai masker yang bisa membuat Anda sesak napas atau terasa tidak nyaman.

Beberapa bahan masker yang bisa mengganggu pernapasan Anda adalah plastik, vinyl, dan kulit. Jika Anda pemakai kacamata, gunakan masker yang berukuran pas atau memiliki kawat di bagian tengah untuk menghindari kacamata beruap.

Kedua, jangan pakai masker yang memiliki katup. Hal itu justru mempermudah partikel Virus Corona keluar dan masuk ke sistem pernapasan Anda. Padahal, tujuan penggunaan masker adalah menurunkan risiko penyebaran droplet dari satu orang ke orang yang lain.

Baca Juga: Kenali urutan gejala terinfeksi virus corona untuk cegah Covid-10 kluster keluarga

Ketiga, hindari pemakaian masker yang dibutuhkan oleh tenaga kesehatan, seperti masker bedah atau masker N95. Selain mempermudah tenaga kesehatan untuk mendapat masker yang sesuai dengan standar, jenis masker tersebut juga tak nyaman jika dipakai dalam jangka waktu lama.

Melansir Eat This, Not That!, gunakan masker dari kain yang mudah dicuci dan usahakan untuk memakai dua hingga tiga lapis agar pencegahan Covid-19 bisa maksimal. Selain itu, pastikan untuk memakai masker yang benar-benar menutup hidung dan mulut.

Baca Juga: 4 Penyebab infeksi virus corona yang tak banyak disadari

Penyebaran Virus Corona akan benar-benar menurun saat semua orang memakai masker dengan cara yang benar. Maka dari itu, selalu pakai masker saat Anda berkegiatan di luar ruangan. Tak hanya itu, ada pula langkah pencegahan lain yang perlu Anda lakukan, yaitu dengan menjaga sistem imun tubuh.

Konsumsi makanan bergizi dan lakukan olahraga secara rutin. Menjaga kebersihan benda-benda di sekitar Anda pun penting untuk dilakukan. Gunakan disinfektan untuk membunuh kuman, apalagi pada permukaan benda yang sering Anda pegang, seperti gagang pintu, meja, dan lain-lain.

Selanjutnya: Tak banyak disadari, berikut 4 penyebab infeksi virus corona

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×