| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.392
  • SUN97,14 0,42%
  • EMAS609.032 -0,17%
  • RD.SAHAM 0.66%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Jangan lakukan lima hal ini usai olahraga lari

Selasa, 13 Februari 2018 / 14:49 WIB

Jangan lakukan lima hal ini usai olahraga lari
ILUSTRASI. BRIRUN 2017

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Olahraga lari sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, apalagi bagi mereka yang mencoba menurunkan berat badan.

Lari dapat memperlancar aliran darah dan juga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, lari juga dapat memperkuat tulang dan otot.

Olahraga lari tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, tapi juga meningkatkan kesehatan mental. 

Apa yang kita lakukan usai berolahraga lari juga dapat memengaruhi kesehatan. Sayangnya, banyak yang tak tahu apa saja yang harus dilakukan usai menjalankan olahraga ini.

Berikut yang tak boleh kita lakukan usai olahraga lari.

1. Menggunakan pakaian kotor

Banyak orang menggunakan pakaian yang sama setelah berlari. Inilah yang membahayakan kesehatan mereka.

Keringat dalam pakaian mengandung bakteri yang dapat menyebabkan banyak jenis masalah kulit.

Selain itu, juga meningkatkan risiko kudis. Jadi, jangan pakai baju kotor setelah berlari.

 

2. Melakukan pekerjaan berat

Setelah berlari, apalagi jarak jauh atau lari cepat, tubuh membutuhkan waktu untuk istirahat dan mengembalikan kondisi sebelum memulai beraktivitas.

Jika kita melakukan pekejaan berat, seperti mengangkat benda berat usai berlari,  otot bisa terasa rasa sakit dan tulang bisa cedera. Maka dari itu, jangan pernah melakukan ini demi kebaikan tulang dan otot.

 

3. Makan makanan tak sehat

Makan berlebihan setelah berlari juga bukan hal yang baik. Jika Anda seorang atlet lari,   mengonsumsi makanan yang sehat dapat membuatmu tetap sehat dan mengembalikan stamina.

Nah, meski kita bukan seorang atlet lari, mengonsumsi makanan bernutrisi juga bisa meningkatkan stamina kita.

 

4. Duduk dalam waktu lama

Lari adalah aktivitas fisik yang cukup menguras tenaga. Walau begitu, daripada duduk lama setelah berlari, kita sebaiknya melakukan yoga, meditasi, atau peregangan.

Ini membantu mempertahankan energi ke tubuh Kita.

 

5. Lupa minum air

Sebelum dan Setelah berlari kita perlu minum air putih. Air membuat tubuh terhidrasi dan membantu membuang racun tubuh.

Jadi, menghindari air setelah berlari bisa menjadi penyebab masalah bagi tubuh kita.

Baca: Kebiasaan Minum Teh Panas Tingkatkan Risiko Kanker Kerongkongan (Ariska Puspita Anggraini)

Berita ini sudah dipublikasikan Kompas.com dengan judul: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Usai Olahraga Lari


Sumber : Kompas.com
Editor: Sanny Cicilia

KESEHATAN

Komentar
TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0010 || diagnostic_api_kanan = 0.0843 || diagnostic_web = 0.2644

Close [X]
×