kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah gejala kanker serviks yang perlu Anda perhatikan


Rabu, 31 Maret 2021 / 10:52 WIB
Inilah gejala kanker serviks yang perlu Anda perhatikan
ILUSTRASI. Ada beberapa gejala kanker serviks yang sebaiknya Anda perhatikan. REUTERS/Danny Moloshok


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kanker serviks terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Setiap orang mengalami gejala kanker serviks yang berbeda-beda. Jadi, Anda perlu memerhatikan tanda yang Anda alami supaya bisa mendapat perawatan yang sesuai.

Sebelum mengetahui apa saja gejala yang bisa Anda rasakan, Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang meningkatkan risiko kanker serviks. Mengutip dari Cancer Research UK (cancerresearchuk.org), usia tertentu berpengaruh pada potensi kanker serviks.

Umumnya, kanker serviks diderita oleh wanita muda yang berusia kurang dari 45 tahun. Kebiasaan merokok dan infeksi virus tertentu, seperti HIV, juga bisa memperparah kondisi Anda. Selain memerhatikan faktor risiko, beberapa gejala ini perlu Anda perhatikan.

Pendarahan

Darah biasa dikeluarkan wanita saat menstruasi. Namun, kondisi itu bisa jadi gejala kanker serviks jika terjadi meski Anda sedang tidak menstruasi atau terjadi setelah Anda memasuki masa menopause.

Selain itu, pendarahan karena kanker serviks juga bisa terjadi setelah Anda melakukan hubungan seksual. Meski demikian, sebaiknya jangan melakukan diagnosa pribadi. Anda perlu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apakah pendarah memang karena kanker serviks atau karena faktor lain.

Baca Juga: Jadi tanda kesehatan, ini 4 arti warna darah haid yang Anda keluarkan

Muncul Rasa Sakit

Selain pendarahan, kanker serviks juga mengakibatkan rasa tidak nyaman dan rasa sakit saat Anda berhubungan seksual. Kondisi itu disebut dengan istilah dyspareunia. Namun, sama seperti poin sebelumnya, rasa sakit saat berhubungan seksual juga bisa disebabkan oleh faktor yang lain.

Gejala yang Lain

Cancer Research UK menyebutkan bahwa masih ada gejala kanker serviks lain yang bisa Anda alami. Misalnya, keputihan yang keluar dan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain itu, Anda bisa mengalami rasa sakit di bagian panggul.

Baca Juga: 3 bahan alami ini bisa jadi cara mengatasi keputihan, ingin coba?

Jika Anda mengalami gejala-gejala itu, segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan dan menganalisa gejala yang Anda alami. Setelah itu baru perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda bisa dilakukan.

Beberapa jenis pengobatan bisa Anda lakukan jika terdiagnos menderita kanker serviks. Jenis pengobatan yang dimaksud adalah operasi, kemoterapi, radioterapi, dan jenis perawatan yang lain. Supaya pengobatan bisa berjalan maksimal, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat, ya.

Selanjutnya: Catat! Ini 7 penyebab keputihan pada perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×