kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 4 manfaat daun sirih yang bisa Anda dapat, mampu sembuhkan sembelit


Sabtu, 24 Oktober 2020 / 11:05 WIB
Inilah 4 manfaat daun sirih yang bisa Anda dapat, mampu sembuhkan sembelit


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam daun sirih, terdapat banyak nutrisi yang berguna untuk tubuh, seperti vitamin C, kalsium, dan lain sebagainya. Manfaat daun sirih tak hanya menyembuhkan sariawan, tapi juga beberapa hal di bawah ini.

Memiliki Kandungan Analgesik

Netmeds.com (netmeds.com) mengatakan bahwa daun sirih memiliki kandungan analgesik. Analgesik adalah obat pereda nyeri atau rasa sakit tanpa menghilangkan kesadaran seseorang. Beberapa jenis luka, seperti luka sayat, memar, atau ruam, bisa disembuhkan dengan bahan alami ini.

Olah daun sirih sampai berbentuk pasta, kemudian gunakan olahan itu pada luka di tubuh Anda. Dengan begitu, luka bisa sembuh lebih cepat.

Mengatasi Sembelit

Manfaat daun sirih lainnya adalah mengatasi sembelit karena adanya antioksidan yang bisa mengeluarkan radikal bebas dari dalam tubuh. Bahan alami ini mampu mengembalikan keseimbangan pH tubuh sehingga sakit perut bisa mereda.

Baca Juga: Daun sirih sebagai obat batuk herbal, begini cara menggunakannya

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama, rendam daun sirih dalam air selama semalam. Di pagi hari, minum air rendaman daun sirih saat perut masih kosong agar buang air besar bisa lancar.

Meningkatkan Metabolisme

Apakah metabolisme Anda mengalami gangguan? Jika iya, mengonsumsi daun sirih bisa dijadikan pilihan. Netmeds.com mengatakan bahwa daun sirih bersifat karminatif dan anti-flatulent sehingga bisa menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Mengonsumsi daun sirih secara rutin mampu meningkatkan metabolisme. Artinya, sirkulasi dan penyerapan vitamin, nutrisi, serta mineral menjadi lebih baik.

Mengurangi Masalah Sistem Pernapasan

Masalah sistem pernapasan yang berhubungan dengan pilek dan batuk, seperti asma atau penyumbatan paru-paru, bisa diatasi dengan daun sirih. Anda bisa mendapat manfaat daun sirih tersebut dengan beberapa cara.

Baca Juga: Daun sirih, obat herbal yang ampuh mengobati batuk

Pertama, oleskan minyak biji sawi (mustard oil) pada daun sirih lalu hangatkan sebentar. Kemudian, letakkan daun yang sudah hangat di dada untuk meredakan penyumbatan.

Kedua, rebus beberapa daun sirih dengan kapulaga, cengkih, dan kayu manis di dua gelas air. Minum rebusan itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari agar masalah pernapasan bisa berkurang.

Selanjutnya: sakit gigi kumat lagi? Daun sirih bermanfaat sebagai obat sakit gigi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×