kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 4 obat pilek anak yang bisa Anda coba


Jumat, 29 Januari 2021 / 12:48 WIB
Ini 4 obat pilek anak yang bisa Anda coba
ILUSTRASI. Madu adalah bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat pilek anak.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pilek adalah salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh banyak anak-anak. Tentu saja Anda perlu segera memberikan obat agar kesehatan anak tak semakin parah. Anda bisa memilih obat pilek anak yang sesuai dengan kondisi.

Namun, alih-alih menggunakan obat yang dijual di apotek, cobalah untuk memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah. Hal itu perlu Anda lakukan untuk menghindari efek obat yang dijual di apotek, seperti mual, mengantuk, detak jantung tak beraturan, dan lain sebagainya.

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan adalah memberikan banyak cairan, memanfaatkan madu, memakai humidifier, dan lain sebagainya. Namun, jika kondisi anak semakin parah, segera periksakan anak ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.

Madu

Mengutip dari Today’s Parent (todaysparent.com), minum 1 sdm madu atau sebanyak 15 ml madu setengah jam sebelum tidur dapat mengurangi gejala pilek anak. Dengan begitu, waktu istirahat anak menjadi lebih maksimal karena tak terganggu oleh batuk dan hidung tersumbat.

Kemampuan itu berasal dari antimikroba dan antibakteri yang terdapat dalam madu. Meski demikian, sebaiknya jangan beri madu pada anak berusia di bawah satu tahun karena bisa mengakibatkan botulisme atau keracunan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat sakit telinga yang mudah dicoba

Beri Banyak Cairan

Selain madu yang dijadikan obat pilek anak, memberi banyak cairan saat anak sakit juga penting untuk dilakukan. Saat terkena pilek, tubuh anak menjadi lesu dan keinginan untuk makan dan minum menurun. Jika kondisi itu terus terjadi, tentu saja kondisi kesehatan semakin parah.

Cobalah untuk mencegah dehidrasi pada tubuh anak dengan memberikan banyak cairan. Misalnya, kuah sup, jus buah tanpa pemanis buatan, teh, dan lain sebagainya. Dengan begitu, anak akan merasa lebih nyaman sehingga pilek bisa cepat sembuh.

Humidifier

Today’s Parent mengatakan bahwa meletakkan humidifier dalam ruangan di mana anak berada dapat mengatasi pilek dan gejala flu lainnya dengan baik. Baik humidifier dingin atau hangat mampu membuat saluran pernapasan menjadi lembab.

Baca Juga: Dari bahan alami, ini 4 obat hidung tersumbat yang bisa Anda coba

Saline Spray

Obat pilek anak selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai saline spray. Saline spray mampu mengencerkan lendir sehingga lebih mudah bagi anak untuk mengeluarkannya. Untuk anak yang berusia lebih dari enam tahun, Anda bisa memanfaatkan air garam.

Campurkan 1 sdt garam dalam segelas air hangat kemudian minta anak untuk berkumur dengan air itu. Air garam berguna untuk meredakan sakit tenggorokan yang muncul akibat pilek. Namun, pastikan anak untuk tidak menelannya, ya.

Selanjutnya: Anak sering batuk malam hari, ini obat dan penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×