kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini 3 penyebab kram perut dan cara mengatasinya


Minggu, 27 September 2020 / 12:45 WIB
Ini 3 penyebab kram perut dan cara mengatasinya


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Kram perut merupakan kondisi di mana otot perut menegang dan mengencang. Sehingga, Anda merasa sakit dan tidak nyaman.

Karena itu, Anda perlu memahami penyebab kram perut, agar bisa mengatasi atau mengobatinya dengan baik. Berikut penyebab kram perut:

  • Keracunan makanan

Mengutip dari Web MD, keracunan makanan adalah penyebab kram perut yang sering terjadi. Hal ini terjadi saat makanan yang Anda konsumsi mengandung kuman tertentu.

Selain menimbulkan kram, keracunan makanan juga menyebabkan gejala lain, seperti mual, muntah, dan demam.

Orangtua, wanita hamil, dan anak-anak berusia di bawah lima tahun lebih beresiko mengalami keracunan makanan. Meski bisa cepat sembuh, dalam beberapa kasus, gejala tersebut bisa berlangsung sepanjang hari.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah beristirahat dan menghindari makanan yang menyebabkan keracunan. Jika Anda mengalami diare, sebaiknya minum banyak air untuk menghindari dehidrasi.

Baca Juga: Patut waspada, inilah 4 arti sakit perut sebelah kiri

  • Gastroenteritis

Gastroenteritis bisa jadi salah satu penyebab kram perut.

Selain keracunan makanan, kram perut juga bisa disebabkan oleh gastroenteritis. Virus menginfeksi dinding saluran pencernaan sehingga menyebabkan kram perut.

Web MD menyebutkan, virus bisa tersebar dengan mudah. Anda bisa tertular virus dari air atau makanan yang tak aman dan kontak dekat dengan orang lain yang sudah terinfeksi virus terlebih dahulu.

Tak ada pengobatan khusus yang bisa Anda lakukan. Namun, Anda bisa mengurangi sakit yang Anda rasakan dengan beberapa hal.

Pertama, hindari mengonsumsi makanan padat. Lebih baik, konsumsilah banyak cairan untuk menghindari dehidrasi.

Kedua, konsumsi makanan yang mudah dicerna, seperti pisang atau roti. Ketiga, perbanyak istirahat agar kesehatan tubuh segera pulih.

Baca Juga: Catat, 3 alergi makanan yang umum dimiliki seseorang

  • Alergi makanan

Alergi makanan juga bisa jadi penyebab kram perut. Beberapa jenis makanan yang biasanya menyebabkan alergi adalah telur, susu sapi, kacang, dan ikan.

Cara terbaik untuk mengatasi kram perut akibat alergi makanan adalah dengan benar-benar menghindari makanan penyebab alergi.

Jika makanan tersebut tak Anda hindari, Anda bisa mengalami gejala yang lebih fatal, yaitu anaphylaxis. Anaphylaxis adalah kondisi di mana tekanan darah turun secara tiba-tiba, kesulitan untuk menelan, dan kesulitan bernapas.

Selanjutnya: 7 Penyebab diare yang perlu diwaspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×