kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Infused water ceri efektif meredakan asam urat


Senin, 28 Desember 2020 / 17:00 WIB
Infused water ceri efektif meredakan asam urat


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Buah ceri segar baik dikonsumsi oleh penderita asam urat. Infused water ceri bermanfaat sebagai obat herbal untuk asam urat, begini cara membuatnya. 

Asam urat merupakan penyakit yang umum diderita masyarakat tanah air. Asam urat bisa menyerang laki-laki dan perempuan.

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya, penderita asam urat juga bisa minum obat herbal untuk mengobati penyakitnya. 

Mengutip dari buku berjudul Variasi Favorit Infused Water Berkhasiat karya Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz., Yunita Indah Prasetyaningrum, S.Gz, asam urat juga bisa diredakan dengan minum infused water yang dicampur dengan buah-buahan penurun asam urat. 

Infused water ceri, obat herbal untuk asam urat

Buah ceri segar dipercaya baik untuk dikonsumsi para penderita asam urat. BUah ceri segar mengandung antosianin yang bermanfaat mengobati asam urat sekaligus menurunkan kadar gula darah. 

Alih-alih dikonsumsi secara langsung, Anda bisa membuat infused water ceri untuk mengobati asam urat. 

Cara membuat infused water ceri sebagai obat herbal asam urat cukup mudah, beriku panduannya. 

Bahan 

  • Ceri segar 80 gram 
  • Air matang 500 ml 

Cara membuatnya 

Anda cuci bersih buah ceri lalu belah menjadi dua. Setelah itu, Anda masukkan buah ceri dan air ke dalam botol tertutup. 

Anda simpan air bercampur buah ceri di dalam kulkas selama 4-5 jam. Setelah itu, Anda bisa langsung minum dan memakan buah ceri yang ada di dalamnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×