kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Heartburn akibat asam lambung naik, ini cara mengatasi secara alami dan obatnya


Senin, 26 April 2021 / 07:34 WIB
Heartburn akibat asam lambung naik, ini cara mengatasi secara alami dan obatnya
ILUSTRASI. Heartburn akibat asam lambung naik, ini cara mengatasi secara alami dan obatnya


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Gejala asam lambung naik bisa terjadi secara tak terduga. Simak cara mengatasi asam lambung naik dengan menggunakan obat maupun secara alami.

Heartburn atau sensasi panas di dada bisa menjadi salah satu ciri-ciri gejala asam lambung naik. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya karena mengonsumsi makanan tertentu, seperti makanan pedas, berlemak, dan asam.

Asam lambung kambuh yang terjadi beberapa kali dalam seminggu bisa merupakan tanda Gastroesophageal Reflux Disease (Gerd). Asam lambung naik dan heartburn bisa terasa sangat tidak nyaman.

Ketika asam lambung kambuh, apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara mengatasi asam lambung secara alami atau menggunakan obat?

Menurut laman Healthline, setidaknya ada sembilan hal yang bisa dipratikkan untuk mengatasi heartburn ketika asam lambung kambuh, di antaranya:

1. Melonggarkan pakaian

Langkah awal mengatasi heartburn karena asam lambung adalah melonggarkan pakaian. Heartburn terjadi ketika isi perut naik kembali ke kerongkongan, di mana asam lambung dapat membakar jaringan.

Dalam beberapa kasus, heartburn mungkin dapat terjadi karena pakaian yang kita pakai terlalu ketat dan menekan isi perut. Jika itu masalahnya, maka segera longgarkan pakaian atau jika mengenakan ikat pinggang, segeralah melepaskannya.

Baca juga: Asam lambung sering kambuh? Baking soda bisa meredakan asam lambung

2. Berdiri tegak

Postur tubuh juga bisa berkontribusi terhadap kejadian heartburn. Jika asam lambung naik ketika sedang duduk atau berbaring, maka cara mengatasinya adalah segeralah berdiri tegak. Jika sudah dalamm keadaan berdiri, maka cobalah membuat posturnya lebih tegak.

Postur tegak dapat mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah (LES). LES adalah klep atau cincin otot yang membantu asam lambung naik kembali ke kerongkongan.

3. Mengangkat tubuh bagian atas

Berbaring dapat memperburuk gejala heartburn. Jadi, jika asam lambung kambuh jelang waktu tidur, cara mengatasinya adalah menyesuaikan permukaan tempat tidur dan membuat tubuh bagian atas terangkat.

Menurut Mayo Clinic, mengangkat kepala dengan bantal ekstra saja tidak cukup. Tujuan yang harus dicapai adalah mengangkat tubuh dari pinggang ke atas, sehingga cobalah mengubah posisi tempat tidur. Misalnya dengan memberi ganjalan di bawah tempat tidur agar bagian dari pinggang ke atas dapat sedikit terangkat.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×