kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hasil studi sebut akan ada masalah baru pasca sembuh dari Covid-19


Kamis, 08 April 2021 / 03:10 WIB
Hasil studi sebut akan ada masalah baru pasca sembuh dari Covid-19


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - LONDON. Peneliti mengingatkan adanya potensi bahaya baru bagi kesehatan manusia pasca Covid-19. Setelah sembuh dari Covid-19, pasien bisa mengalami dampak negatif.

Penelitian terbaru menemukan bahwa satu dari tiga penyintas Covid-19 berisiko menderita gangguan mental atau neurologis. Gangguan dikatakan mulai muncul dalam waktu enam bulan.

Hasil peneltian ini diterbitkan di jurnal Lancet Psychiatry pada hari Selasa (6/4), menganalisis catatan kesehatan dari 236.379 pasien yang sebagian besar berasal dari AS. Ditemukan bahwa 34% telah didiagnosis dengan penyakit neurologis atau kejiwaan dalam waktu enam bulan.

Gangguan kecemasan (17%) dan gangguan mood (14%) adalah yang paling umum ditemukan. Kedua gangguan ini disebut tidak terkait dengan seberapa ringan atau parahnya infeksi virus yang dialami.

Para peneliti kini memperingatkan bahwa gangguan mental akibat Covid-19 memang benar adanya dan bisa menjadi masalah baru, bahkan setelah pandemi usai.

Dilansir oleh Reuters, peneliti yang terlibat memang tidak mengatakan dengan jelas bagaimana virus itu dikaitkan dengan kondisi kejiwaan seperti kecemasan dan depresi. Namun, masalah tersebut adalah diagnosis paling umum di antara 14 gangguan yang mereka lihat.

Baca Juga: WHO yakinkan manfaat vaksin AstraZeneca lebih besar dari risikonya

Kasus berat pasca-Covid seperti stroke, demensia, dan gangguan neurologis lainnya cenderung lebih jarang terjadi. Tetapi jumlahnya cukup signifikan, terutama pada penderita Covid-19 dengan gajala yang parah.

Di antara pasien dengan gejala parah tersebut, sekitar 7% di antaranya mengalami stroke dan hampir 2% didiagnosis dengan demensia setelah enam bulan.

"Hasil penelitian kami menunjukkan ahwa penyakit otak dan gangguan kejiwaan lebih umum terjadi setelah Covid-19 daripada setelah flu atau infeksi saluran pernapasan lainnya," ungkap Max Taquet, psikiater di Universitas Oxford Inggris, yang ikut meneliti fenomena ini.

Sayangnya studi ini belum mampu menunjukkan mekanisme biologis atau psikologis yang terlibat. Para peneliti hanya mendesak agar identifikasi lebih lanjut dilakukan untuk untuk mencegah atau mengobatinya.

Penelitian yang sama, oleh yang peneliti yang sama pula, pada tahun lalu menemukan bahwa 20% penyintas Covid-19 didiagnosis dengan gangguan kejiwaan dalam waktu tiga bulan.

Selanjutnya: Otoritas Arab Saudi mengumumkan prosedur Ramadan di Masjid Agung Makkah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×