kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grahawita Santika akan tambah 14 hotel


Kamis, 23 Januari 2014 / 19:07 WIB
Grahawita Santika akan tambah 14 hotel
ILUSTRASI. Fenomena Hari Tanpa Bayangan Matahari Bakal Kembali Terjadi di Indonesia, Kok Bisa?


Reporter: Adisti Dini Indreswari | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Jaringan hotel PT Grahawita Santika semakin luas. Mengawali tahun 2014, anak usaha Kompas Gramedia Group itu menggelar grand opening Hotel Santika Premier Gubeng Surabaya pada tanggal 22 Januari 2014 kemarin.

Hotel berbintang empat itu memiliki 232 kamar dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti ballroom yang mampu menampung 1.500 orang. Grahawita Santika ditunjuk sebagai operator oleh PT Travellodge Bintang Lestari sebagai pemilik hotel.

Dus, hingga saat ini Grahawita Santika sudah mengelola empat hotel di Surabaya. Ketiga hotel sebelumnya antara lain Hotel Santika Pandagiling, Hotel Santika Jemursari, dan Hotel Amaris Embong Malang.

Corporate Marketing Communication Manager Grahawita Santika Vivi Herlambang bilang, perusahaannya menambah hotel kelolaan di Surabaya karena tingkat okupansi hotel di kota itu cukup tinggi. "Hotel Santika di Surabaya mampu mencatatkan tingkat okupansi  80%-90%, sedangkan Hotel Amaris 90%," jelas dia kepada KONTAN, Kamis (23/1).

Secara keseluruhan, Grahawita Santika telah mengelola 57 hotel hingga kini. Portofolio hotel mencakup tiga The Royal Collection yang berbintang lima, delapan Hotel Santika Premiere yang berbintang empat, 18 Hotel Santika yang berbintang tiga, dan 28 Hotel Amaris yang bermain di segmen hotel bujet.

Ekspansi Grahawita Santika masih akan terus berlanjut. Sepanjang tahun ini, perusahaan berencana membuka 14 hotel baru.

Sebagai perbandingan, tahun lalu Grahawita Santika hanya menambah delapan hotel. "Banyak penyelesaian hotel yang mundur menjadi tahun ini," aku Vivi.

Perincian hotel yang akan dibuka tahun ini antara lain dua Hotel Santika Premiere di Bintaro-Tangerang dan Harapan Indah-Bekasi, satu Hotel Santika di Cikarang-Bekasi, serta Bali Nusa Dua Hotel & Convention Center. Sepuluh hotel sisanya merupakan Hotel Amaris.

Vivi bilang, tingkat okupansi Hotel Amaris di beberapa daerah seperti Bali memang mengalami penurunan akibat ketatnya persaingan, namun tren tingkat okupansi secara keseluruhan tetap tinggi. Grahawita Santika juga mulai melirik kota lapis dua bahkan lapis tiga untuk Hotel Amaris misalnya Ponorogo, Gresik, dan Gorontalo.

Secara umum, Grahawita Santika berharap tingkat okupansi hotel-hotelnya tahun ini tetap stabil di kisaran 75%-80%. Tahun lalu tingkat okupansi berada di angka 78%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×