kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala usus buntu ini sebaiknya tidak Anda abaikan


Senin, 05 April 2021 / 10:33 WIB
Gejala usus buntu ini sebaiknya tidak Anda abaikan
ILUSTRASI. Sakit perut jadi salah satu gejala usus buntu yang utama. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit usus buntu atau apendisitis adalah salah satu jenis penyakit di mana usus buntu mengalami inflamasi atau infeksi. Setiap orang bisa mengalami gejala usus buntu yang berbeda-beda. Jika radang usus buntu tak segera Anda atasi, kondisi kesehatan bisa semakin parah.

Ada banyak hal yang bisa jadi penyebab usus buntu. Mulai dari penebalan dinding usus hingga infeksi parasit yang menyumbat saluran usus. Maka dari itu, memerhatikan gejala yang sedang Anda rasakan merupakan hal penting.

Jika terlambat ditangani, bukan tidak mungkin usus buntu semakin meradang dan pecah sehingga menimbulkan infeksi di bagian tubuh yang lain. Bila Anda mengalami gejala-gejala berikut, cobalah untuk segera memeriksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Gejala Usus Buntu Umum

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), sakit perut parah yang terjadi secara tiba-tiba jadi salah satu ciri usus buntu pertama yang bisa Anda rasakan. Umumnya, rasa sakit Anda rasakan di perut bagian bawah.

Baca Juga: Catat! Ini penyebab dan gejala usus buntu

Ketika kondisinya semakin parah, rasa sakit juga dapat Anda alami hingga perut bagian kanan bawah. Sakit perut juga terasa semakin intens saat Anda menggerakkan tubuh, batuk, bersin, atau berbicara. Tentu saja sakit perut tersebut juga dibarengi gejala yang lain.

Mulai dari mual, muntah, diare, kehilangan nafsu makan, demam, dan keinginan untuk buang air besar meningkat. Jika Anda mengalami hal-hal tersebut, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Selain usus buntu, bisa jadi ada masalah kesehatan lain yang sedang Anda alami.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 5 penyebab diare yang bisa Anda alami

Gejala Usus Buntu Pada Anak

Selain orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalami usus buntu. Namun, tidak semua anak yang memiliki radang usus buntu mengalami gejala yang sama seperti yang telah disebutkan. Meski demikian, Medical News Today mengatakan bahwa sakit perut dan sembelit jadi salah satu satu ciri-ciri usus buntu utama pada anak.

Tanda-Tanda Usus Buntu Pada Wanita Hamil

Wanita hamil mengalami gejala usus buntu yang cukup berbeda daripada biasanya.

Wanita hamil mengalami gejala usus buntu yang cukup berbeda daripada biasanya. Rasa sakit yang umumnya terjadi di perut bagian bawah berpindah ke bagian atas. Wanita hamil juga sering mengalami sakit panggul dan nyeri punggung.

Selanjutnya: Bisa didapat dari bahan alami, ini 6 pilihan obat sakit perut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×