kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala sinusitis bisa diredakan dengan pengobatan di rumah


Jumat, 09 Oktober 2020 / 15:07 WIB
Gejala sinusitis bisa diredakan dengan pengobatan di rumah
ILUSTRASI. Gejala sinusitis ringan bisa diredakan dengan pengobatan di rumah./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/05/12/2011.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sinusitis adalah peradangan di rongga hidung yang memproduksi lendir. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, jamur, dan lain sebagainya. Gejala sinusitis perlu Anda perhatikan agar dapat memberi perawatan dengan cepat dan tepat.

Penyebab Sinusitis

Mengutip dari Medical News Today, 90% penyakit sinusitis disebabkan oleh infeksi virus. Sedangkan satu dari 10 orang mengalami penyakit tersebut karena infeksi bakteri. Di sisi lain, infeksi jamur dan polusi udara yang berperan untuk memicu seseorang menagalami sinusitis.

Ada faktor-faktor yang dapat meningkatkan kesempatan seseorang mengalami sinusitis. Beberapa di antaranya adalah infeksi saluran pernapasan terdahulu (misalnya flu), polip hidung (daging tumbuh di rongga hidung yang dapat menyebabkan inflamasi), alergi, dan sistem imun yang lemah.

Gejala Sinusitis

Gejala sinusitis yang dialami oleh tiap orang berbeda-beda, tergantung dari seberapa parah penyakit yang sedang diderita. Beberapa gejala yang muncul adalah wajah terasa sakit, hidung tersumbat, kemampuan indra penciuman menurun, dan batuk.

Jika terus dibiarkan, gejala sinusitis bisa bertambah parah. Medical News Today mengatakan, Anda bisa mengalami demam, sakit gigi, sakit kepala, dan kelelahan.

Baca Juga: Catat! Inilah 5 gejala sinusitis yang perlu Anda tahu

Cara Mengobati Sinusitis

Untuk meredakan gejala sinusitis yang Anda alami, ada baiknya untuk mencoba pengobatan yang bisa dilakukan di rumah. Pertama, Anda bisa mencoba irigasi nasal atau cuci hidung. Cara ini dilakukan dengan memakai larutan garam atau larutan salin untuk membersihkan rongga hidung.

Kedua, Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit atau memakai kompres hangat. Kompres hangat berfungsi untuk mengurangi pembengkakan dan rasa tidak nyaman yang terjadi di wajah. Beristirahat dan menghindari dehidrasi juga bisa mempercepat hilangnya gejala sinusitis.

Cara mengobati sinusitis selanjutnya yang direkomendasikan Medical News Today adalah menggunakan terapi uap. Uap panas yang lembab bisa dimanfaatkan untuk meredakan hidung tersumbat.

Baca Juga: 5 gejala infeksi sinus yang penting diketahui

Anda perlu menuangkan air panas dalam sebuah wadah terlebih dahulu. Setelah itu, hadapkan wajah ke wadah agar uap panas bisa Anda hirup. Anda bisa menambahkan sedikit minyak kayu putih agar hidung tersumbat bisa hilang lebih cepat.

Anda bisa mencegah penyakit sinusitis dengan beberapa cara. Pertama, usahakan untuk selalu menjaga kebersihan diri. Kedua, hindari asap rokok dan seseorang yang menderita pilek atau infeksi saluran pernapasan lainnya. Ketiga, pakai humidifier jika diperlukan.

Selanjutnya: 4 Cara terbaik mengatasi hidung tersumbat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×