kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Diet ketogenik harus diawasi dokter, kenapa?


Senin, 11 Desember 2017 / 17:51 WIB
Diet ketogenik harus diawasi dokter, kenapa?


Sumber: Kompas.com | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diet ketogenik sebagai metode diet yang diklaim efektif menurunkan berat badan dengan cepat masih sangat populer. Banyak orang yang akhirnya tertarik mengikuti cara diet yang menganjurkan banyak konsumsi lemak ini.

Diet ketogenik memang menganjurkan pelakunya untuk membatasi karbohidrat dan memperbanyak konsumsi lemak dan protein. Bagi banyak orang yang "takut sengsara" saat menurunkan berat badan, diet ketogenik memang dianggap "surga".

Meski demikian, sebenarnya para ahli gizi tidak merekomendasikan diet ini. Menurut dr.Cindiawaty Pudjiadi, spesialis gizi klinik, kebanyakan pelaku diet keto mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh.

"Padahal konsumsi lemak jenuh akan meningkatkan risiko penyakit, mulai dari penyakit jantung, kolesterol tinggi, sampai penyakit kanker," ujar Cindiawaty.

Ia menuturkan, penelitian mengenai diet keto masih belum banyak. "Pada awalnya diet ini dibuat untuk mengobati epilepsi," ujarnya.

Menurut dia, diet yang paling baik adalah pola makan bergizi seimbang dan sesuai dengan kondisi kesehatan setiap orang. "Ada orang yang tidak boleh mengonsumsi makanan tinggi lemak, ada yang butuhnya lebih banyak," ujar dokter dari RS Medistra Jakarta ini.

Sebelum menjalankan diet keto, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis gizi untuk dipastikan diet apa yang paling sesuai.

"Nanti akan dilihat dari hasil pemeriksaan laboratorium dan juga diukur komposisi tubuhnya. Baru dokter akan memberi panduan pola makan yang tepat," katanya.

Dalam diet penurunan berat badan, yang menjadi target bukan hanya penurunan berat badan dan otot, tetapi lemak tubuh. "Terutama lemak visceral atau lemak di sekitar organ tubuh. Sehingga berat badan turun dan bonusnya jadi lebih sehat," papar Cindiawaty.

Diet di bawah pengawasan dokter juga lebih aman karena akan terus dipantau proses penurunannya. "Kalau tidak sesuai target dievaluasi apa yang perlu diperbaiki. Jangan hanya melakukan diet sendiri. Berat badannya turun tapi risiko penyakit meningkat karena kebanyakan konsumsi lemak jenuh," katanya.

Bila ingin menjalani diet keto, menurut Cindiawaty, lemak yang dikonsumsi sebaiknya 20% dari total kebutuhan harian dan harus berasal dari lemak tidak jenuh, misalnya ikan laut, kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak kanola, atau chia seed.

"Ini adalah saran asupan lemak dari konsensus internasional. Selain itu asupan protein harus sesuai kebutuhan, juga konsumsi sayur dan buah untuk kebutuhan serat dan vitamin," paparnya.

Diet ketogenik, imbuh Cindiawaty, tidak disarankan untuk menjadi pola makan dalam jangka panjang. "Bagaimana pun tubuh kita tetap perlu karbohidrat," ujarnya.

Artikel ini tayang di Kompas.com berjudul Diet Ketogenik Harus Dalam Pengawasan Dokter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×