kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daun salam bermanfaat mengobati asam urat tinggi


Jumat, 09 April 2021 / 10:24 WIB
Daun salam bermanfaat mengobati asam urat tinggi
ILUSTRASI. Daun salam.


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anda penderita asam urat? Daun salam bermanfaat mengobati asam urat tinggi, begini cara konsumsinya. 

Untuk sebagian orang pasti sudah tidak asing dengan penyakit asam urat. Maklum saja, asam urat jadi salah satu penyakit yang umum diderita oleh masyarakat tanah air. 

Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun. 

Baca Juga: Sambiloto, tanaman pait yang mampu mengobati asam urat Anda

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Umumya, pederita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Alih-alih terus mengonsumsi obat dokter, penderita bisa minum teh daun salam untuk menurunkan asam urat. 

Daun salam ampuh menurunkan asam urat

Daun salam tenar dikalangan ibu rumah tangga yang hobi memasak. Sebab, daun salam banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bumbu dapur. 

Faktanya, daun salam tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur tapi juga bisa jadi obat herbal yang bisa menurunkan asam urat. 

Mengutip dari Grid.id, daun salam mengandung vitamin C, vitamin A, dan asam folat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Daun salam dipercaya ampuh menurunkan asam urat tinggi. Namun, penderita asam urat tidak bisa mengonsumsinya secara sembarangan. 

Sebab, ada cara terbaik mengolah daun salam agar ampuh menurunkan asam urat tinggi. Berikut bahan dan cara mengolah daun salam sebagai obat asam urat. 

Bahan: 

  • 10-25 lembar daun salam 
  • tiga gelas air. 

Anda cuci daun salam dengan air mengalir sampai bersih. Lalu, Anda rebus daun salam di dalam air mendidih hingga menyisahkan satu gelas air. 

Anda bagi dua air rebusan daun salam tersebut. Anda minum air rebusan daun salam itu sebanyak dua kali sehari. 

Selain minum air rebusan daun salam, Anda sebaiknya menghindari makanan yang mengandung purin tinggi. Tidak hanya itu, Anda sebaiknya mulai menjalankan gaya hidup sehat agar asam urat tidak lagi naik. 

Baca Juga: Seledri, obat herbal yang ampuh meredakan asam urat, begini cara konsumsinya

Selanjutnya: 8 Manfaat daun sukun untuk kesehatan: Mengobati sakit gigi sampai asam urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×