kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,79   7,33   0.80%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Coba 6 makanan yang mengandung asam folat ini, yuk


Rabu, 17 Maret 2021 / 10:16 WIB
Coba 6 makanan yang mengandung asam folat ini, yuk
ILUSTRASI. Pisang termasuk salah satu makanan yang mengandung asam folat.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak pilihan makanan yang mengandung asam folat. Jenis vitamin sintetis yang terdapat dalam vitamin B9 itu memegang banyak peranan penting dalam tubuh Anda. Mulai dari metabolisme, DNA, hingga memproduksi sel darah merah.

Web MD (webmd.com) juga mengatakan bahwa asam folat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Tujuannya agar kesehatan ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin dalam kandungan bisa maksimal.

Saat tubuh kekurangan asam folat, ada banyak masalah kesehatan yang bisa Anda alami. Mulai dari kelelahan, palpitasi jantung, hingga kesulitan untuk berkonsentrasi. Untuk menghindari masalah-masalah itu, cobalah untuk mengonsumsi makanan kaya asam folat berikut secara rutin.

Bayam

Bayam termasuk salah satu makanan yang mengandung asam folat cukup tinggi. Dalam setengah gelas bayam yang sudah dimasak, Anda bisa mendapat 131 mcg asam folat. Sedangkan untuk satu gelas bayam mentah, Anda bisa mendapat 58 mcg asam folat.

Baca Juga: 5 Sayuran yang baik dikonsumsi penderita kolesterol

Asparagus

Selain bayam, Anda juga bisa mendapat banyak asam folat dari mengonsumsi asparagus. Anda bisa mendapat 89 mcg asam folat dari mengonsumsi empat batang asparagus. Tidak hanya itu, asparagus juga mengandung banyak antiinflamasi dan antibakteri yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Pisang

Siapa yang suka pisang? Ternyata, jenis buah ini termasuk dalam makanan yang mengandung asam folat, lo. Selain mengandung banyak folat, pisang adalah jenis buah yang kaya akan kalium, serat, dan karbohidrat yang mudah dicerna dalam tubuh.

Brokoli

Jika Anda mencari makanan yang kaya akan asam folat, brokoli bisa dijadikan pilihan. Dalam satu gelas brokoli mentah, terdapat 57 mcg asam folat yang bisa diserap tubuh. Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak nutrisi lain yang terkandung di dalamnya. Mulai dari vitamin C, vitamin K, dan mineral yang lain.

Baca Juga: 3 Jus buah yang efektif menurunkan darah tinggi sekaligus mengobati diabetes melitus

Telur

Web MD merekomendasikan telur sebagai sumber asam folat yang bisa Anda pilih. Sebutir telur rebus mengandung 22 mcg asam folat, protein, dan vitamin B12. Namun, kuning telur mengandung banyak kolesterol sehingga Anda perlu membatasi konsumsinya, apalagi bagi Anda penderita penyakit jantung.

Jeruk

Salah satu makanan yang mengandung asam folat adalah buah jeruk.

Tidak hanya memiliki segudang vitamin C, jeruk juga bisa jadi sumber asam folat yang baik. Anda bisa mendapat 39 mcg asam folat dari sebuah jeruk berukuran kecil. Cobalah untuk mengonsumsinya secara langsung atau mengkombinasikannya dengan makanan bergizi lain dalam bentuk salad.

Selanjutnya: 5 Makanan ini baik untuk perkembangan kecerdasan otak anak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×