kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, inilah gejala meningitis yang perlu Anda waspadai


Rabu, 28 April 2021 / 06:18 WIB
Catat, inilah gejala meningitis yang perlu Anda waspadai
ILUSTRASI. Ruam yang muncul di kulit bisa jadi salah satu gejala meningitis.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meningitis adalah kondisi di mana otak atau sumsum tulang belakang mengalami inflamasi. Kondisi itu terjadi akibat infeksi virus, bakteri, atau jamur. Supaya kondisi Anda tak semakin parah, Anda perlu mewaspadai gejala meningitis yang muncul.

Umumnya, meningitis disebabkan oleh infeksi virus. Namun, infeksi bakteri justru lebih berbahaya. Gejala meningitis yang biasanya Anda alami adalah demam, sakit kepala, dan tubuh yang terasa sakit. Tidak hanya itu, tangan dan kaki juga sering dingin.

Selain itu, masih banyak gejala meningitis lainnya yang bisa Anda alami. Jika gejala-gejala ini Anda alami, segera periksakan diri ke dokter. Semakin cepat Anda memeriksakan diri, semakin cepat pula penanganan tepat yang bisa Anda dapat.

Muncul Ruam

Mengutip dari Healthline (healthline.com), racun yang terproduksi akibat infeksi dapat mengganggu kondisi pembuluh darah dalam tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan munculnya ruam di kulit Anda. Pada tahap awal, ruam memang bisa hilang dengan cepat.

Namun, seiring berjalannya waktu, ruam bisa semakin parah. Bahkan, pendarahan di bawah kulit Anda semakin banyak. Hal itu membuat kulit Anda menghitam sehingga kemunculan ruam selanjutnya semakin sulit terdeteksi.

Baca Juga: Perlu Anda ketahui, ​inilah penyebab epilepsi dan kejang

Perubahan Tekanan Darah

Tidak semua penderita meningitis pasti mengalami ruam. Meski demikian, masalah pada pembuluh darah tetap mengganggu tekanan dan aliran darah dalam tubuh Anda. Seiring berjalannya waktu, tekanan darah menjadi lebih rendah dan tidak stabil.

Saat hal itu terjadi, ada banyak bagian tubuh Anda yang tidak mendapat asupan oksigen yang cukup. Kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan jaringan yang berakibat fatal. Maka dari itu, mendapat perawatan yang cepat adalah hal penting.

Sakit Leher

Healthline menyebutkan bahwa sakit leherjadi tanda tubuh mengalami meningitis yang umum terjadi. Biasanya, gejala itu dibarengi dengan tubuh yang lebih sensitif terhadap cahaya. Meski bisa dialami oleh siapa saja, tapi sakit leher lebih sering terjadi pada anak-anak.

Baca Juga: Ini penyebab dan komplikasi radang telinga tengah

Gejala Pada Bayi

Sama seperti orang dewasa, ruam juga bisa jadi tanda gejala meningitis pada bayi.

Sama seperti orang dewasa, muncul ruam pada kulit bayi yang terinfeksi meningitis. Awalnya, ruam yang muncul berwarna kuning atau pucat. Namun, seiring berjalannya waktu, ruam justru berwarna lebih gelap.

Selanjutnya: Waspada! 4 Gejala kanker payudara ini bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×