kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45924,58   -6,78   -0.73%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, inilah 5 makanan yang jadi penyebab sariawan


Selasa, 27 April 2021 / 14:12 WIB
Catat, inilah 5 makanan yang jadi penyebab sariawan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Sariawan adalah salah satu masalah kesehatan gigi dan mulut yang sering dialami oleh banyak orang. Ada banyak faktor yang jadi penyebab sariawan. Mulai dari kebiasaan merokok, stres, hingga makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Meski tidak berbahaya, sariawan dapat mengganggu aktivitas yang sedang Anda jalani. Anda bisa mengalami kesulitan berbicara, mengunyah, atau menelan makanan. Supaya kondisi itu tak sering terjadi, ada baiknya untuk memerhatikan makanan apa yang sering Anda konsumsi.

Beberapa jenis makanan ini dapat meningkatkan risiko munculnya sariawan. Namun, jika Anda sudah menghindari makanan-makanan ini, tapi sariawan masih muncul, cobalah untuk konsultasi dengan dokter.

Produk olahan susu

Susu dan produk olahan lain, seperti yogurt atau keju, berpotensi memunculkan sariawan dalam mulut Anda. LamanĀ Valley Ridge Dental Centre menyatakan, hal itu bisa terjadi karena reaksi tubuh.

Jika sariawan terus Anda alami, ada baiknya untuk menghentikan konsumsi susu, apalagi susu sapi. Anda bisa menggantinya dengan susu yang terbuat dari bahan lain, misalnya, susu almond atau susu kedelai.

Baca Juga: Penyebab dan pencegahan kanker mulut ini perlu Anda ketahui

Makanan bertekstur keras

Makanan penyebab sariawan lainnya adalah makanan dengan tekstur yang keras. Contohnya, sayur mentah, kentang, roti panggang, dan lain-lain.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengkombinasikan makanan itu dengan bahan lain yang melembutkan. Misalnya, butter dengan roti panggang.

Cokelat

Sariawan juga bisa muncul karena Anda mengonsumsi cokelat, lo. Mengutip dari Valle Ridge Dental Centre, mulut cukup sensitif dengan salah satu jenis alkaloid yang ada dalam cokelat. Jadi, tubuh bereaksi dengan munculnya sariawan.

Kopi dan alkohol

Faktor lain yang dapat menyebabkan sariawan adalah konsumsi kopi dan alkohol berlebih. Hal itu terjadi akibat zat asam yang terkandung dalam dua jenis minuman itu.

Untuk menghindari munculnya sariawan, Anda perlu mengurangi jumlah kopi atau alkohol yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Cara menyembuhkan sariawan secara alami dan dengan obat

Makanan pedas

Makanan pedas termasuk salah satu penyebab sariawan.

Makanan penyebab sariawan berikutnya yang perlu Anda waspadai adalah makanan dengan rasa yang pedas. Sama seperti kopi dan alkohol, makanan pedas mengandung zat asam tinggi yang mampu melukai dinding dalam mulut Anda.

Tak hanya dapat menimbulkan sariawan, makanan pedas yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan secara keseluruhan, lo. Biasanya, makanan pedas mengandung banyak garam yang berpengaruh pada tekanan darah dan kesehatan jantung Anda.

Selanjutnya: Dari bahan alami, ini 4 obat sariawan untuk Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×