kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, inilah 4 penyebab migrain yang bisa Anda alami


Rabu, 14 April 2021 / 12:49 WIB
Catat, inilah 4 penyebab migrain yang bisa Anda alami
ILUSTRASI. Ada banyak penyebab migrain yang bisa Anda alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis sakit kepala yang bisa Anda alami, salah satunya adalah migrain. Anda perlu mengetahui penyebab migrain supaya bisa melakukan pengobatan yang sesuai. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan masalah tersebut.

Biasanya, migrain dibarengi dengan gejala yang lain. Mulai dari sensitif terhadap cahaya dan suara, mual, muntah, tubuh yang terasa lemas di salah satu sisi, dan lain sebagainya. Hal itu tentu saja mengganggu kegiatan Anda dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Migrain memang bisa diobati dengan berbagai macam obat, baik obat yang dijual di apotek ataupun obat herbal. Namun, jika penyebabnya tak Anda atasi, migrain akan terus kembali dan mengganggu kenyamanan Anda.

Perubahan Hormon

Mengutip dari Askdrgil.com, banyak wanita sering mengalami migrain karena perubahan hormon dalam tubuh. Jenis sakit kepala itu bisa terjadi sebelum atau selama siklus menstruasi terjadi. Penyebab itu bisa Anda atasi dengan menyeimbangkan jumlah hormon. Tentu saja Anda perlu konsultasi dengan dokter dulu.

Baca Juga: 6 Cara menghilangkan sakit kepala, tidak perlu obat

Penyakit Kardiovaskular

Penyebab migrain selanjutnya adalah penyakit kardiovaskular. Tekanan darah yang tidak stabil, kondisi pembuluh darah yang tidak baik, dan masalah pada jantung bisa jadi beberapa faktor yang menyebabkan Anda sering mengalami sakit kepala itu.

Tentu saja pilihan pengobatan yang bisa Anda pilih bergantung pada masalah apa yang Anda alami. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika migrain dibarengai dengan gejala lain yang menandakan penyakit kardiovaskular.

Gangguan Pada Liver

Gangguan pada liver bisa jadi salah satu penyebab migrain.

Askdrgil.com mengatakan bahwa liver yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan Anda mengalami migrain. Liver adalah jenis organ yang bertuga untuk mengeluarkan racun. Selain itu, liver juga berperan untuk mengatur jumlah hormon dalam tubuh.

Jika fungsi itu tidak bisa dijalankan, tubuh Anda akan mengalami ketidakseimbangan hormon yang memicu terjadinya migrain. Setelah memeriksakan diri ke dokter, Anda akan mendapat perawatan untuk mengembalikan fungsi liver. Dengan begitu, migrain pun dapat berkurang.

Baca Juga: Tidak ingin terkena migren? Konsumsi makanan berikut ini

Cedera Otak Traumatik

Penyebab migrain berikutnya yang bisa Anda alami adalah cedera otak traumatik. Cedera otak traumatik merupakan hal biasa yang sering dialami oleh banyak orang. Meski demikian, Anda tidak boleh mengabaikannya dan perlu segera memeriksakan diri ke dokter.

Selanjutnya: Inilah 5 ciri-ciri vertigo yang tak boleh Anda abaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×