kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat, inilah 4 manfaat bawang merah untuk kesehatan


Jumat, 02 Oktober 2020 / 14:26 WIB
Catat, inilah 4 manfaat bawang merah untuk kesehatan
ILUSTRASI. Salah satu manfaat bawang merah adalah menjaga kesehatan jantung.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat bawang merah yang bisa Anda dapatkan karena vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya.

Tak hanya menyembuhkan sakit kepala dan sakit jantung, berikut manfaat bawang merah yang bisa Anda dapat jika rutin mengonsumsinya:

Menjaga kesehatan jantung

Mengutip dari Healthline, terdapat antioksidan dan kandungan lain dalam bawang merah yang bermanfaat untuk meredakan inflamasi dan mengurangi kolesterol.
Antiinflamasi dalam bawang merah mampu menurunkan tekanan darah dan mengurangi penggumpalan darah sehingga berdampak baik bagi kesehatan jantung.

Tak hanya itu, antioksidan juga bermanfaat untuk menekan oksidan yang menyebabkan kerusakan sel. Artinya, risiko terkena penyakit kanker, diabetes, dan penyakit jantung bisa menurun. Anthocyanin, pigmen yang membuat bawang menjadi merah, juga melakukan fungsi yang sama.

Baca Juga: Ingin menanam bawang merah sendiri di rumah? Begini caranya

Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat bawang merah lainnya juga berdampak pada kesehatan tulang. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 24 wanita yang mengalami postmenopause menunjukkan, kepadatan tulang meningkat saat rutin mengonsumsi bawang merah.

Peserta penelitian mengonsumsi 100 ml jus bawang merah setiap hari selama delapan minggu. Tak hanya meningkatkan kepadatan tulan, mengonsumsi bawang merah secara rutin juga bisa meningkatkan aktivitas antioksidan.

Mengandung antibakteri

Melansir dari Healthline, quercetin yang terkandung dalam bawang merah berfungsi sebagai antibakteri sehingga mampu melawan bakteri yang menyerang tubuh. Beberapa jenis bakteri yang bisa dilawan adalah bakteri E. coli, bakteri S. aureus, dan bakteri Bacillus cereus.

Baca Juga: Bawang merah ampuh mengobati penyakit ringan , apa saja?

Meningkatkan sistem pencernaan

Bawang merah mengandung banyak serat dan prebiotik yang berguna untuk kesehatan sistem pencernaan. Prebiotik membantu bakteri dalam sistem pencernaan untuk memproduksi asam lemak yang bisa meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, sistem imun tubuh, dan mengurangi inflamasi.

Rutin mengonsumsi bawang merah juga mampu meningkatkan penyerapan mineral dalam tubuh, misalnya mineral. Saat mineral terserap secara maksimal, kesehatan tulang juga ikut meningkat.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar bawang merah bisa dikonsumsi secara rutin. Mulai dari memakan bawang merah mentah secara langsung, mencampurnya dengan telur, daging, dan ikan, atau mengkombinasikannya dengan salad.

Selanjutnya: 5 Manfaat bawang putih untuk kesehatan beserta efek sampingnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×