kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara sehat bersihkan area genital si dedek cantik


Sabtu, 27 Agustus 2016 / 09:15 WIB
Cara sehat bersihkan area genital si dedek cantik


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Salah satu perawatan penting bayi yang tidak boleh terlewat adalah membersihkan area genital. Sejak bayi, kita perlu memerhatikan hal ini agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Belum lagi bayi yang masih rentan juga mungkin terkena masalah kelamin.

Berikut trik dan tip dari Everyday Family yang perlu kita ketahui saat merawat genital bayi perempuan.

Salah satu hal yang mungkin mengagetkan adalah saat bayi yang baru lahir mengeluarkan cairan selain urin. Kita tak perlu khawatir mengenai hal ini sebab normal bagi bayi perempuan mengeluarkan cairan putih susu atau bahkan berwarna merah.

Jangan panik sebab cairan tersebut merupakan reaksi terhadap hormon kehamilan yang biasanya menghilang dalam waktu seminggu. Kita tak perlu melakukan apa-apa dalam mengatasi hal ini. Cukup bersihkan cairan tersisa di area vagina dan ganti popoknya.

Saat membersihkan vagina bayi perempuan, ada baiknya kita menjauhkan sabun. Saat tali pusatnya belum jatuh, kita hanya cukup menggunakan lap dan air hangat untuk membersihkan vagina.

Sabun dapat merusak jaringan kulit bayi yang halus dan tidak sesuai dengan ph vagina bayi. Sabun hanya digunakan untuk area badannya saja.

Meski tidak menggunakan sabun, kita perlu memastikan telah membersihkan vagina secara menyeluruh. Bersihkan bagian luar serta bagian bawah lubang vagina. Kita hanya cukup membersihkan dengan lembut dan memastikan tidak ada keluhan seperti perubahan kulit atau warna kulit di area vagina.

Salah satu bagian yang kerap terlupa saat merawat genital bayi perempuan adalah bagian lipatan labia. Bagian ini merupakan lipatan kulit luar area genital bayi. Pada anak yang baru lahir, labia mungkin terlihat bengkak sehingga kotoran dan bakteri mungkin terlewat untuk dibersihkan. Jika sudah mulai berkurang bengkaknya, kita harus secara rutin membersihkan bagian tersebut.

(Niken/Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×