kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cara meringankan sakit punggung tanpa menggunakan obat


Selasa, 20 April 2021 / 05:15 WIB
Cara meringankan sakit punggung tanpa menggunakan obat
ILUSTRASI. Cara meringankan sakit punggung tanpa menggunakan obat


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Anda bisa mendapatkan obat sakit punggung di apotik. Selain dengan obat-obatan, Anda bisa menyembuhkan sakit punggung dengan cara lain. Simak panduannya di sini.

Sakit punggung bisa terasa setiap kali bangun dari tidur. Selain itu, sakit di area punggung juga bisa timbul setelah seharian berada di balik meja kerja. Jika itu terjadi, sudah saatnya Anda mengubah gaya hidup Anda.

Nyeri punggung lebih mungkin terjadi seiring bertambahnya usia, gaya hidup pasif, pola makan buruk, obesitas dan stres. “Menyesuaikan gaya hidup Anda adalah salah satu cara terbaik untuk mengatasi sakit punggung kronis,” kata spesialis manajemen nyeri kesehatan William Welches.

Perawatan nyeri punggung bawah kronis standar termasuk obat-obatan, terapi fisik, dan suntikan steroid. ”Suntikan mungkin tidak seefektif atau tahan lama untuk nyeri kronis dan membawa beberapa risiko,” ucap Welches.

Penggunaan obat antiinflamasi non steroid dalam jangka panjang dapat merusak ginjal dan hati serta menyebabkan perdarahan di lambung atau usus bocor. Asetaminofen dapat merusak hati dan memperlambat detoksifikasi hati.

Baca juga: Inilah 4 pilihan obat diare dari bahan-bahan alami

Opioid dapat menyebabkan kecemasan, masalah endokrin, ketergantungan, dan kecanduan. Untuk menghindari efek samping tersebut dan meringankan rasa sakit punggung, sebaiknya Anda melakukan perubahan gaya hidup.

Berikut cara meringankan sakit punggung tanpa menggunakan obat:

1. Menerapkan pola makan sehat

Peradangan adalah akar penyebab dari banyak jenis nyeri kronis. Konsumsi gula, karbohidrat olahan seperti tepung dan makanan olahan yang terlalu banyak bisa meningkatkan peradangan dan nyeri.

Sebaiknya, Anda menjauhi jenis makanan tersebut dan beralih ke makanan kaya vitamin, mineral, dan fitonutrien. Berikut beberapa rekomendasi makanan tersebut: aneka sayuran protein tanpa lemak seperti daging ikan dan daging ayam tanpa kulit. lemaksehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan alpukat.




TERBARU

[X]
×