kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cabai juga bisa turunkan kolesterol


Selasa, 21 Juni 2016 / 16:48 WIB
Cabai juga bisa turunkan kolesterol


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Makanan pedas memang lezat apalagi bagi orang yang memiliki lidah pedas. Ada berbagai penelitian yang menunjukkan manfaat makanan pedas bagi kesehatan.

Manfaat ini tentu dapat didapatkan jika makanan pedas yang dikonsumsi masih dalam batas kewajaran. Sebab, jika terlalu pedas, malah bisa mendapatkan masalah lain seperti gangguan pencernaan.

Mamiverse melansir, sebuah penelitian yang diterbitkan di UC Davis mengungkapkan bahwa ada kandungan Capsaicin dalam cabai yang dapat menghilangkan rasa sakit. Capsaicin dapat mengaktifkan reseptor tubuh untuk mengurangi rasa sakit serta meningkatkan kinerja obat yang dikonsumsi. Anda punya penyakit sinus atau alergi terhadap dingin? Cabai yang mengandung Vitamin A akan mengurangi lendir.

Makanan pedas juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Wyoming mengungkapkan bahwa kandungan capsaicin dalam cabai dapat mengubah lemak yang disimpan menjadi lemak yang dapat dibakar untuk energi. Hal ini akan membuat metabolisme tubuh menjadi lancar.

Selain itu, cabai juga dapat melindungi perut. Jenis cabai yang kita kenal yakni paprika dapat menangkal sakit perut yang disebabkan oleh makanan atau obat-obatan.

Cabai merah juga ternyata dapat mengurangi nafsu makan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Purdue University mengungkapkan bahwa mengonsumsi cabai merah dapat menurunkan rasa lapar terutama mengurangi makanan lemak, asin dan juga makanan manis.

Tidak hanya soal nafsu makan, cabai juga dapat menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Kandungan capsaicin pada capai dapat mencegah gumpalan darah yang menyebabkan serangan jantung.

Ternyata, ada banyak manfaat makanan pedas bagi kesehatan.  Usahakan mengonsumsi makanan pedas tidak bersama dengan gorengan, makanan bersantan ataupun yang mengandung lemak jenuh lainnya.

Sebab, kandungan capsaicin dan vitamin pada jenis cabai akan bermanfaat jika tidak diolah dengan makanan yang kurang sehat. Selamat mencoba lebih sehat dengan cabai ya!

(Niken/Tabloid Nakita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×