kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa pakai bahan alami, ini 4 rekomendasi obat wasir


Kamis, 11 Februari 2021 / 10:14 WIB
Bisa pakai bahan alami, ini 4 rekomendasi obat wasir
ILUSTRASI. Lidah buaya adalah salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk obat wasir.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wasir atau hemoroid adalah kondisi pembuluh darah di usus besar yang meradang. Kondisi itu bisa membuat Anda tidak nyaman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Maka dari itu, cobalah untuk memakai obat wasir agar kondisi tersebut bisa cepat sembuh.

Salah satu penyebab munculnya wasir adalah sistem pencernaan Anda yang terganggu. Sembelit atau sulit buang air besar membuat Anda mengeluarkan lebih banyak tenaga saat akan mengeluarkan feses. Hal itulah yang membuat pembuluh dara meradang.

Ada banyak obat yang bisa Anda gunakan untuk menyembuhkan wasir. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Meski demikian, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Cuka Apel

Salah satu bahan alami yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi wasir adalah cuka apel. Mengutip dari Cleveland Clinic (health.clevelandclinic.org), cuka apel mampu mengurangi rasa gatal dan rasa sakit akibat wasir.

Meski demikian, dokter menyarakan untuk tidak menggunakan cuka apel secara berlebihan. Bahan alami tersebut dapat memberikan efek terbakar pada kulit. Apalagi jika Anda mengalami wasir dibarengi dengan gejala lain yang lebih parah.

Baca Juga: Ini sederet manfaat daun pegagan sebagai obat herbal untuk batuk sampai wasir

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami selanjutnya yang bisa dipakai sebagai obat wasir. Bahan alami tersebut mengandung antiinflamasi yang dapat meredakan peradangan akibat wasir. Namun, pastikan untuk memakai gel lidah buaya segar tanpa tambahan bahan kimia untuk menghindari efek samping.

Tea Tree Oil

Bahan alami lain yang direkomendasikan oleh Cleveland Clinic adalah tea tree oil. Tea tree oil mengandung antiinflamasi dan antiseptik yang dapat mengurangi rasa gatal akibat wasir. Meski demikian, belum banyak penelitian yang membuktikan hal itu. Jadi, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter.

Baca Juga: Anda menderita ambeien? Ini cara mengobati ambeien secara alami

Garam Epsom dan Glycerin

Obat wasir selanjutnya bisa Anda buat dengan mencampur garam epsom dan glycerin, salah satu jenis alkohol alami. Anda hanya perlu mencampur 2 sdm garam epsom dan 2 sdm glycerin. Kemudian, basahi kasa dengan campuran itu lalu aplikasikan pada area wasir selama 15 hingga 20 menit.

Anda perlu mengulangi cara tersebut tiap empat hingga enam jam sekali agar rasa sakit bisa cepat hilang. Selain memakai bahan-bahan alami tersebut, usahakan untuk memperbanyak asupan serat dan banyak minum air putih agar bisa buang air besar dengan lebih mudah.

Selanjutnya: Penyebab dan faktor risiko sindrom iritasi usus besar ini perlu Anda waspadai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×