kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa menurunkan berat badan, ini 5 manfaat madu hitam untuk kesehatan


Senin, 22 Februari 2021 / 08:44 WIB
Bisa menurunkan berat badan, ini 5 manfaat madu hitam untuk kesehatan


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manfaat madu hitam dinilai lebih tinggi daripada jenis madu lain karena memiliki jumlah fenol yang lebih banyak. Fenol atau asam fenolat adalah senyawa dalam madu yang berguna sebagai antioksidan. Dengan begitu, serangan radikal bebas dapat teratasi dengan baik.

Tak hanya itu, fenol pun berguna untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Artinya, risiko Anda mengalami berbagai macam penyakit dapat menurun. Selain fenol, madu hitam juga mengandung banyak flavonoid.

Sama seperti fenol, flavonoid adalah salah satu jenis antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga sistem imun. Dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin, kesehatan tubuh Anda akan terjaga dengan baik.

Kaya Zat Besi

Apakah Anda menderita anemia atau penyakit kekurangan darah? Jika iya, cobalah untuk mengonsumsi madu hitam karena bahan alami itu mengandung banyak zat besi. Dengan mengonsumsi madu hitam, tubuh menjadi tidak mudah lemas, pingsan, atau kehilangan konsentrasi.

Tidak hanya cocok dikonsumsi bagi Anda yang menderita anemia, madu hitam pun bisa dikonsumsi wanita saat siklus menstruasi datang. Apalagi jika darah haid yang keluar cukup banyak. Jadi, produksi darah akan tetap terkontrol.

Baca Juga: 6 Bahan ini bisa diolah sebagai masker alami untuk wajah

Menguatkan Tulang

Untuk menghindari pengeroposan tulang dan penyakit tulang yang lain, cobalah untuk mengonsumsi madu hitam secara rutin. Mengutip dari In Minutes (inminutes.com), madu hitam mengandung banyak kalsium sehingga mampu menjaga kesehatan tulang.

Merawat Kondisi Rambut

Manfaat madu hitam selanjutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami tersebut berguna untuk merawat kondisi rambut Anda. Kandungan yang ada dalam madu hitam mampu melembabkan rambut. Bahkan, kemunculan uban pun bisa dicegah dengan madu hitam.

Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat madu hitam adalah menurunkan berat badan Anda.

Seperti yang telah dikatakan, madu hitam mengandung banyak antioksidan. In Minute mengatakan, antioksidan tersebut juga efektif untuk menurunkan berat badan sehingga obesitas pun bisa dicegah. Anda bisa mengkombinasikan madu hitam dengan bahan alami lain, seperti sayur atau buah.

Baca Juga: 4 Masker lidah buaya terbaik untuk berbagai masalah kulit

Mengobati Sakit Kepala dan Kelelahan

Tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral menjadi lebih mudah lelah. Sakit kepala juga akan lebih sering Anda rasakan. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk menggunakan madu hitam karena bahan alami tersebut mengandung banyak vitamin.

Mulai dari vitamin B12, vitamin B6, dan lain sebagainya. Dengan mengonsumsi madu hitam secara rutin, kelelahan bisa hilang dan frekuensi sakit kepala akan berkurang. Dengan begitu, tubuh Anda menjadi lebih siap untuk digunakan beraktivitas.

Selanjutnya: Bisa pakai bahan alami, ini 4 rekomendasi pelembab untuk kulit berminyak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×