kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bisa dari bahan alami, ini 5 rekomendasi obat sembelit


Selasa, 02 Maret 2021 / 13:15 WIB
Bisa dari bahan alami, ini 5 rekomendasi obat sembelit


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sembelit adalah kondisi di mana seseorang sulit buang air besar. Feses yang harusnya memiliki tekstur lunak justru mengeras di usus besar sehingga susah dikeluarkan. Supaya kondisi kesehatan tetap terjaga, kondisi itu memerlukan obat sembelit.

Ada banyak hal yang menimbulkan sembelit. Mulai dari dehidrasi, terlalu banyak mengonsumsi junk food, hingga tubuh yang kekurangan serat. Dengan menghindari penyebab-penyebab itu, jadwal buang air besar Anda bisa lebih lancar.

Selain itu, sembelit bisa Anda atasi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Kandungan nutrisi yang ada dalam bahan alami akan melunakkan sisa makanan dalam sistem pencernaan sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan.

Kopi

Melansir Single Care (singlecare.com), mengonsumsi kopi dapat menstimulasi keinginan untuk buang air besar, lo. Kafein dalam kopi membuat usus berkontraksi sehingga sisa makanan bisa keluar. Namun, karena bisa menyebabkan dehidrasi, jangan lupa untuk mengimbangi konsumsi kafein dengan minum banyak air putih.

Baca Juga: 7 Manfaat pare untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan

Lidah Buaya

Bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan obat sembelit adalah lidah buaya. Selain mengobati luka di kulit, kandungan dalam lidah buaya mampu menenangkan sistem pencernaan yang bermasalah. Cobalah untuk mengonsumsi lidah buaya secara langsung atau mengolahnya jadi smoothie.

Air Kelapa

Air kelapa bisa dimanfaatkan sebagai obat sembelit.

Tak hanya kopi dan lidah buaya, air kelapa juga bisa Anda manfaatkan untuk melancarkan buang air besar. Bahan alami itu dapat mengeluarkan zat racun, mengatasi dehidrasi, dan meningkatkan kinerja ginjal sehingga sistem pencernaan dapat bekerja secara optimal.

Tidak berhenti sampai di situ, kandungan magnesium yang terdapat dalam air kelapa mampu meningkatkan fungsi otot. Artinya, zat sisa makanan bisa lebih mudah untuk dikeluarkan dari tubuh Anda.

Baca Juga: Sederet manfaat daun suji sebagai obat herbal untuk sakit gigi sampai kencing nanah

Madu

Single Care merekomendasikan madu sebagai obat sembelit lainnya yang perlu Anda coba. Bahan alami itu berperan sebagai pencahar ringan dan berizi banyak enzim yang berguna untuk kesehatan sistem pencernaan. Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan air hangat, teh, atau susu.

Lemon

Cara mengatasi susah buang air besar juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi lemon, lo. Selain itu, kandungan dalam lemon pun berfungsi untuk mengeluarkan zat racun dari tubuh. Dengan mengonsumsi bahan alami itu secara rutin, kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa tetap terjaga.

Selanjutnya: Bahan rumahan ini bisa jadi obat sakit pinggang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×