kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bahan makanan di rumah pun bisa sembuhkan flu


Rabu, 05 April 2017 / 14:42 WIB
Bahan makanan di rumah pun bisa sembuhkan flu


Sumber: intisari online | Editor: Adi Wikanto

JAKARTA. Saat sedang musim hujan, seringkali penyakit influenza menyerang tubuh kita. Untuk menyembuhkan flu tidak hanya bisa dilakukan obat lho. Bahan-bahan yang ada di dapur ini juga terbukti ampuh untuk menjadi obat flu.

Dilansir dari buku “Food Cures: Keajaiban Makanan Berkhasiat” yang pernah diterbitkan oleh Intisari, ini dia bahan-bahan tersebut:

  • Jeruk Nipis

Ada kebiasaan di kalangan masyarakat di berbagai negara meminum air perasan jeruk nipis atau lemon saat batuk. Ada yang meminumnya dengan campuran madu, ada pula yang mencampurkannya dengan kecap manis. Produsen obat batuk pun ada yang membuat permen untuk batuk dengan rasa lemon.

Menurut para ahli, khasiat ini disebabkan oleh jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dan mengandung senyawa flavonoid yang sifat antioksidannya sangat kuat, sehingga virus selesma (dengan gejala bersin-bersin, hidung tersumbat, batuk, atau kurang enak badan) bisa didepak

Sementara madu yang ditambahkan pada jeruk nipis atau lemon semakin membantu melegakan iritasi tenggorokan dan mengeluarkan dahak karena madu memiliki sifat antiseptic dan ekspetoran.

Bahkan penelitian di Universitas Pennsylvania, AS, menunjukkan bahwa madu lebih baik daripada obat batuk jenis dextromethorphan.

  • Buah dan Sayur

Di saat musim selesma, kita disarankan untuk makan buah dan sayur yang kaya vitamin C guna meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari batuk-pilek. Tak hanya mencegah, buah dan sayur yang kaya akan vitamin C juga mampu mengurangi keparahan dan mempersingkat gejala selesma.

Selain itu, vitamin C juga ditenggarai memiliki efek antihistamin ringan yang dapat membantu mengurangi gejala hidung tersumbat.

  • Jamur Shiitake

Jamur kering berwarna cokelat kehitaman ini bisa didapatkan di pasar tradisional ataupun pasar swalayan, sementara yang basah hanya dijual di pasar swalayan. Penelitian di Jepang menujukkan, jamur shiitake mengandung polisakarida lentinan yang mampu membantu mengatasi selesma.

Selain itu, juga mengandung vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga batuk-pilek bisa segera menyingkir.

  • Sup Ayam Panas

Jika saat kecil dulu kita disuruh oleh orangtua kita untuk memakan sup ayam panas ketika sedang flu, maka hal ini bukanlah tanpa alasan. Menurut Prof. Dr. Ziment dari University of California Los Angeles (UCLA), anjuran ini ada benarnya.

Selain mudah dicerna dan membuat tubuh terasa lebih enak, protein ayam pada sup ini mengandung sistein yang berkhasiat mengencerkan dahak di paru-paru sehingga mudah di keluarkan. Senyawa sistein ini, menurut Ziment, mirip dengan obat selesma yang mengandung asetil-sistein.

Apalagi, saat membuat sup ayam, biasanya ditambahkan wortel dan buncis kedalamnya. Kedua sayuran ini mengandung vitamin A yang akan meningkatkan metabolisme sehingga daya tahan tubuh meningkat.

Martin Sackner, ahli paru-paru dari AS, pernah melakukan penelitian pada sejumlah penderita selesma. Sebagian dari mereka diberi sup ayam hangat, sebagian lagi air hangat, dan sisanya disuruh minum air dingin.

Hasilnya, mereka yang diberi sup ayam hangat lebih bisa bernapas lega ketika selesma menyerang.

(Andrew Bari Dianto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Terpopuler
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×