kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

​7 Manfaat minum air hangat bagi kesehatan


Selasa, 27 April 2021 / 13:19 WIB
​7 Manfaat minum air hangat bagi kesehatan
ILUSTRASI. ilustrasi manfaat minum air hangat. Images via Reuters / Lee Smith Livepic EDITORIAL USE ONLY.


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah manfaat minum air hangat bagi tubuh. Minum air yang cukup dapat mendukung kesehatan kulit, otot, dan sendi. 

Air membantu sel-sel tubuh menyerap nutrisi dan melawan infeksi. Minum beberapa gelas air hangat atau panas setiap hari juga menawarkan banyak manfaat.

7 Manfaat minum air hangat bagi kesehatan 

Dirangkum dari laman Medical News Today, berikut 8 manfaat minum air hangat bagi kesehatan: 

1. Pencernaan yang lebih sehat

Ketika seseorang tidak minum cukup air, usus kecil akan menyerap sebagian besar air yang dikonsumsi melalui makanan dan minuman. Hal ini menyebabkan dehidrasi dan membuat lebih sulit buang air besar.

Dehidrasi kronis dapat menyebabkan sembelit kronis. Sembelit ini bisa membuat buang air besar terasa sakit dan bisa menyebabkan masalah lain, termasuk wasir dan kembung.

Minum air panas membantu memecah makanan lebih cepat daripada minum air dingin atau hangat. Ini mengurangi risiko sembelit dengan mendukung buang air besar secara teratur.

Baca Juga: Kompres jahe efektif meredakan nyeri akibat asam urat tinggi

2. Detoksifikasi tubuh

Beberapa ahli kesehatan berpendapat bahwa air panas dapat membantu tubuh melakukan detoksifikais. Air yang cukup panas dapat menaikkan suhu tubuh seseorang dan menyebabkan berkeringat. Berkeringat mengeluarkan racun dan dapat membantu membersihkan pori-pori.

3. Peningkatan sirkulasi darah

Air hangat adalah vasodilator, artinya dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Sehingga dapat membantu otot rileks dan mengurangi rasa sakit.

4. Penurunan berat badan

Manfaat minum air hangat untuk diet yakni air membantu tubuh menyerap nutrisi dan membuang limbah dari dalam tubuh.  Selain itu, minum banyak air juga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan lantaran membuat tubuh merasa kenyang. 

Peneliti menemukan bahwa minum 500 ml air sebelum makan meningkatkan metabolisme hingga 30 persen.

Baca Juga: 4 Masker madu yang sesuai dengan masalah kulit Anda

5. Mengurangi nyeri

Manfaat minum air hangat atau panas juga dapat meningkatkan sirkulasi dan juga dapat meningkatkan aliran darah, terutama ke otot yang cedera. 

Orang juga secara rutin menggunakan kompres panas dan botol air panas untuk mengurangi rasa sakit. 

6. Membantu meredakan pilek 

Selanjutnya, manfaat minum air hangat atau panas yakni dapat membantu meredakan pilek. Uap yang keluar dari air hangat atau panas membantu membuka sumbatan pada sinus.

7. Mengurangi stres

Terakhir, manfaat minum air hangat atau panas dapat membantu seseorang mengelola stres dan kecemasan. Sebuah studi yang lebih tua menemukan bahwa konsumsi cairan panas, seperti teh dan kopi, dapat menurunkan stres dan mengurangi perasaan cemas.

Studi tersebut berpendapat bahwa beberapa efek disebabkan oleh kafein, tetapi kehangatan juga berperan dalam memperbaiki suasana hati seseorang. 

Nah, itulah sejumlah manfaat minum air hangat atau panas bagi tubun dan kesehatan.

Selanjutnya: Asam urat tak kunjung reda? Kunyit efektif menurunkan asam urat tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×