kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Rekomendasi obat asma, bisa pakai bahan-bahan alami


Jumat, 05 Maret 2021 / 13:59 WIB
6 Rekomendasi obat asma, bisa pakai bahan-bahan alami
ILUSTRASI. Salah satu manfaat bawang putih adalah jadi obat asma.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asma adalah salah satu jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Saluran pernapasan mengalami pembengkakan dan peradangan sehingga produksi lendir meningkat. Hal itu membuat Anda kesulitan untuk bernapas. Supaya kondisi tak semakin parah, ada beberapa obat asma untuk Anda.

Meski ada obat yang diresepkan dokter, Anda bisa mengatasi asma dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Mengutip dari Healthline (healthline.com), bahan alami dapat mengurangi gejala asma dan kebutuhan Anda akan obat yang perlu Anda minum.

Dengan begitu, asma tidak sering kambuh dan kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan dapat meningkat. Aktivitas sehari-hari pun dapat berjalan tanpa gangguan karena kondisi tubuh Anda terjaga.

Bawang Putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bahan alami yang mengandung banyak antiinflamasi. Hal itulah yang membuat bawang putih bisa dipakau untuk mengobati asma. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk membuktikan manfaat tersebut.

Baca Juga: Bisa jadi obat asma, ini 5 manfaat daun sirih untuk kesehatan

Jahe

Selain bawang putih, jahe juga bisa digunakan untuk mengobati asma yang parah. Menurut sebuah penelitian pada 2013, kandungan dalam jahe mampu mengatasi gejala asma. Namun, belum bisa dipastikan apakah jenis rempah itu mampu memperbaiki fungsi paru-paru atau tidak.

Minyak Omega-3

Obat asma selanjutnya yang patut Anda coba adalah minyak omega-3. Ada banyak sumber makanan yang mengandung nutrisi itu, salah satunya adalah ikan. Tidak hanya meredakan peradangan di saluran pernapasan, minyak omega-3 juga mampu meningkatkan fungsi paru-paru penderita asma.

Healthline menyebutkan bahwa obat steroid dosis tinggi dapat menghalami manfaat minyak omega-3 itu. Jadi, usahakan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Hal itu perlu Anda lakukan untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

Madu

Madu bisa Anda gunakan sebagai obat asma.

Jika Anda mencari bahan alami yang bisa mengobati asma, madu adalah salah satu jawabannya. Cobalah untuk mengkombinasikan madu dengan air atau teh hangat. Meski demikian, masih perlu lebih banyak penelitian untuk membuktikan hal tersebut.

Baca Juga: 6 Makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh

Kafein

Apakah Anda suka minum kopi? Ternyata kafein yang terdapat dalam kopi, atau jenis minuman lain, mampu mengobati asma, lo. Kafein dapat mengurangi kelelahan pada otot pernapasan. Bahkan, efeknya bisa terasa empat jam setelah Anda mengonsumsi kafein.

Akupuntur

Selain obat asma yang terlah disebutkan, akupuntur juga bisa Anda jadikan pilihan selanjutnya. Akupuntur adalah jenis terapi di mana jarum ditancapkan pada beberapa titik tubuh. Hal itu mampu meningkatkan aliran udara dalam tubuh sehingga nyeri dada akibat asma pun berkurang.

Selanjutnya: Bisa jadi obat hipertensi, ini 4 manfaat bawang putih untuk kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×