kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Pilihan obat sakit perut yang berasal dari bahan alami


Kamis, 18 Maret 2021 / 10:12 WIB
6 Pilihan obat sakit perut yang berasal dari bahan alami
ILUSTRASI. Mengonsumsi lidah buaya bisa jadi obat sakit perut, apalagi yang disebabkan oleh sembelit.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menstruasi, mual, diare adalah beberapa faktor yang bisa menyebabkan sakit perut. Jika terus dibiarkan, aktivitas dan kondisi kesehatan Anda bisa terganggu. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk mengonsumsi obat sakit perut.

Biasanya, sakit perut dibarengi dengan masalah kesehatan yang lain. Mulai dari muntah, perut kembung, frekuensi sendawa meningkat, dan kehilangan nafsu makan. Sebenarnya, ada banyak obat yang bisa Anda pilih di apotek.

Namun, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Meski demikian, Anda tetap perlu memeriksakan diri ke dokter jika sakit perut tak kunjung hilang dalam jangka waktu lama.

Teh Kamomil

Apakah Anda suka minum teh kamomil? Ternyata, bahan alami itu bisa meredakan sakit perut, lo. Mengutip dari Women’s Health (womenshealthmag.com), teh kamomil mengandung banyak antiinflamasi yang berguna untuk menenangkan dinding saluran pencernaan yang bermasalah.

Baca Juga: 5 Penyebab diare yang bisa Anda alami, termasuk infeksi

Lidah Buaya

Selain teh kamomil, lidah buaya juga bisa Anda konsumsi sebagai obat sakit perut. Bahan alami tersebut memiliki sifat laksatif yang mampu mengatasi sakit perut akibat sembelit atau susah buang air besar. Tak hanya itu, lidah buaya juga efektif mengatasi asam lambung naik.

Jahe

Jahe bisa Anda pakai sebagai obat sakit perut.

Salah satu manfaat jahe adalah mengatasi perut yang sakit, apalagi yang disebabkan karena penumpukan makanan dalam sistem pencernaan. Kandungan dalam jahe bisa mempercepat pergerakan makanan di usus kecil sehingga rasa sakit bisa berkurang.

Makanan Berserat

Women’s Health mengatakan bahwa sakit perut bisa berkurang saat Anda meningkatkan asupan serat. Ada banyak jenis makanan yang mengandung banyak serat. Mulai dari sayur, buah, dan sereal. Pilihlah jenis makanan yang Anda sukai supaya sakit perut berkurang.

Baca Juga: Catat! Ini penyebab dan gejala usus buntu

Yogurt

Jenis makanan selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan sebagai obat sakit perut adalah yogurt. Kandungan dalam yogurt mampu memperbaiki kondisi sistem pencernaan dan mengurangi jumlah gas yang menumpuk dalam perut.

Susu

Tidak hanya yogurt, sakit perut pun dapat Anda atasi dengan mengonsumsi susu. Apalagi jika sakit perut menimbulkan kondisi yang lain, seperti heartburn atau sensasi terbakar. Kandungan dalam susu akan menetralkan zat asam yang membuat Anda sakit perut.

Selanjutnya: Jangan disepelekan, ini 6 bahaya asam lambung kronis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×