kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Manfaat pisang bagi kesehatan yang sudah dibuktikan, dapat atasi masalah pencernaan


Jumat, 16 April 2021 / 11:35 WIB
6 Manfaat pisang bagi kesehatan yang sudah dibuktikan, dapat atasi masalah pencernaan
ILUSTRASI. Ilustrasi manfaat buah pisang bagi kesehatan. KONTAN/Daniel Prabowo


Penulis: Virdita Ratriani

KONTAN.CO.ID - Manfaat pisang bagi kesehatan tubuh sudah tak perlu diragukan lagi. Selain harganya relatif terjangkau dan mudah didapatkan, rasa pisang juga lezat.

Sudah banyak penelitian terkait manfaat buah pisang. Buah ini memiliki segudang nutrisi yang baik serta baik untuk sistem saluran pencernaan.

Lantas, apa saja manfaat buah pisang bagi kesehatan?

Berikut ini 6 manfaat pisang bagi kesehatan yang sudah dibuktikan seperti dikutip dari Healthxchange:

1. Sumber vitamin B6

Vitamin B6 dari pisang mudah diserap oleh tubuh. Dalam satu buah pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harian.

Vitamin ini berfungsi untuk memproduksi sel darah merah, mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi, metabolisme asam amino, serta membantu membersihkan ginjal dan hati dari senyawa berbahaya.

2. Sumber vitamin C

Manfaat pisang bagi kesehatan yang cukup penting adalah sebagai sumber vitamin C. Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 10% dari kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C berfungsi untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan, penyerapan zat besi, membantu produksi kolagen, dan kesehatan otak.

Baca Juga: Cara meluruskan rambut secara alami bisa pakai 7 bahan ini

3. Menjaga kulit

Manfaat buah pisang juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Ini karena pisang kaya akan mineral mangan.

Satu pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 13% dari kebutuhan mangan harian. Mangan membantu tubuh membuat kolagen dan melindungi kulit serta sel lain dari kerusakan akibat radikal bebas.

4. Sumber kalium

Kalium dalam pisang baik untuk kesehatan jantung dan tekanan darah. Pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 320-400 mg kalium, yang memenuhi sekitar 10% dari kebutuhan kalium harian.

Kalium membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu, pisang juga rendah sodium. Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Baca Juga: Pas untuk sahur, makanan ini bisa bikin kenyang tahan lama

5. Mengatasi masalah pencernaan

Dalam beberapa penelitian menemukan manfaat buah pisang bagi pencernaan. Ini karena pisang adalah buah yang kaya serat, sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan saluran usus.

Pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 10-12% dari kebutuhan serat harian. Sangat direkomendasikan asupan serat makanan harian 20 gram untuk wanita dan 26 gram untuk pria.

Serat larut dan tidak larut berperan penting dalam kesehatan. Serat larut membantu tubuh mengontrol kadar gula darah dan membuang zat berlemak seperti kolesterol.

Serat tidak larut menambah berat dan kelembutan pada tinja, sehingga memudahkan tubuh untuk buang air besar secara teratur. Ini membantu menjaga usus tetap sehat dan aman dari bakteri berbahaya.

6. Sumber energi

Manfaat buah pisang selanjutnya yakni sebagai sumber energi tubuh. Pisang mengandung tiga gula alami sukrosa, fruktosa dan glukosa.

Jenis gula alami ini memberi tubuh sumber energi yang bebas lemak dan kolesterol. Oleh karena itu, pisang sangat ideal, terutama untuk anak-anak dan atlet, untuk sarapan, sebagai camilan siang hari, atau sebelum dan sesudah olahraga.

Itulah beberapa manfaat pisang yang sudah terbukti bagi kesehatan tubuh, termasuk manfaat buah pisang bagi pencernaan.

Selanjutnya: Inilah deretan takjil yang sebaiknya dikurangi selama puasa Ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×