kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan komedo di rumah


Jumat, 19 Maret 2021 / 07:54 WIB
6 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan komedo di rumah
ILUSTRASI. Cara menghilangkan komedo bisa dilakukan dengan berbagai jenis bahan alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti jerawat, komedo adalah salah satu masalah kulit wajah yang cukup mengganggu. Maka dari itu, cara menghilangkan komedo perlu segera Anda lakukan. Ada banyak produk yang bisa Anda gunakan.

Mulai dari produk yang dijual di pasaran hingga penghilang komedo yang terbuat dari bahan-bahan alami. Anda bisa membuat masker komedo dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda. Tak hanya mudah dilakukan, penghilang komedo juga lebih aman digunakan.

Namun, pastikan untuk melakukan uji coba dulu sebelum menggunakan bahan apa pun, ya. Hal itu perlu Anda lakukan untuk melihat apakah tubuh Anda memunculkan reaksi alergi atau tidak. Jika tidak ada reaksi alergi yang muncul, Anda bisa menggunakannya supaya komedo hilang.

Madu dan Putih Telur

Mengutip dari Nykaa (nykaa.com), putih telur berguna untuk mengencangkan pori-pori kulit sehingga produksi sebum penyebab komedo dapat berkurang. Sedangkan madu bermanfaat untuk menutrisi dan menghidrasi kulit secara optimal.

Baca Juga: 6 Bahan ini bisa diolah sebagai masker alami untuk wajah

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur satu putih telur dengan 1 sdm madu. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada area wajah yang memiliki banyak komedo. Tunggu sampai mengering lalu bilas dengan air hangat.

Minyak Kelapa dan Kunyit

Minyak kelapa dan kunyit cocok dijadikan cara menghilangkan komedo. Anda hanya perlu mencampur 1 sdt bubuk kunyit dengan minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Aplikasikan campuran itu pada komedo di wajah Anda. Diamkan dulu selama minimal 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

Baca Juga: Yuk, coba 4 masker alami ini untuk memutihkan wajah

Lemon dan Kayu Manis

Kayu manis dan lemon berguna sebagai cara menghilangkan komedo.

Nykaa merekomendasikan lemon dan kayu manis sebagai penghilang komedo yang perlu Anda coba. Tak hanya mengencangkan pori-pori, kayu manis mampu meningkatkan aliran darah di wajah sehingga masalah kulit bisa teratasi. Hal itu masih ditunjang dengan antibakteri yang terkandung dalam lemon.

Pertama, campur 2 sdm kayu manis dengan 2 sdm air lemon. Aduk hingga rata lalu oleskan pada area kulit yang berkomedo. Anda perlu mendiamkannya selama 20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Untuk mendapat hasil yang maksimal, lakukan cara tersebut tiga hingga empat kali dalam seminggu.

Selanjutnya: Ingin bikin masker komedo? Coba 7 bahan alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×