kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Teh termahal di dunia


Sabtu, 18 Maret 2017 / 12:00 WIB
5 Teh termahal di dunia


Reporter: Deni Riaddy | Editor: Deni RIaddy

Minuman hangat, menyegarkan dan kaya rasa, itulah teh. Dinikmati jutaan rakyat berkat rasanya yang lezat. Teh tiap hari diminum sekitar 3 miliar cangkir di dunia ini, sehingga menjadikan teh sebagai minuman terpopuler kedua setelah air putih. Nama ilmiahnya Camellia Sinensis. Dibudidayakan di hampir setiap negara di dunia. Varietas terbaik atau terunggul tentu hanya di beberapa negara saja. Cina, India dan Sri Lanka. Varietas inilah yang kemudian membuat harganya bisa melambung sampai titik termahal. Tergantung seberapa besar kita mau membayar untuk kenikmatan teh yang diminum. Berikut ada 5 teh termahal di dunia versi Kontan.

Nama : Tie Guanyin Tea
Harga : US$ 3.000 / 1.000 gram
Nilai tambah : - tieguanyin tea merupakan salah satu teh termahal di dunia dari Negeri irai Bambu. Harga teh ini sangat mahal karena rasanya yang enak, dan khas. Bahkan kabarnya, teh ini punya aroma dan rasa yang sangat pekat, meski sudah diseduh selama 7 kali berturut-turut.
    -Tieguanyin atau sering juga disebut teh guan yin ini adalah salah satu jenis teh oolong, yaitu campuran teh hitam dan hijau semi fermentasi. Teh ini merupakan jenis teh langka yang berasal dari abad ke 19, di kota Anxi, Propinsi Fujia. Aromanya sangat istimewa dan berbeda dari jenis teh oolong lainnya. Teh guanyin berkualitas tinggi bentuknya selalu terikat erat, dan pada saat diseduh, memberikan aroma anggrek yang manis serta warna kuning emas.
    - Proses pembuatannya yang sangat rumit, dan tak sembarang orang bisa membuat teh ini sekalipun telah diberi tahu prosesnya, membuat harganya sangat mahal.  Bahkan hingga saat ini, tak banyak orang yang tahu proses dan cara pembuatannya, sehingga teh ini selalu menjadi teh langka yang mahal dan berkualitas. Tak hanya cuma dinikmati kelezatannya, teh ini juga ternyata berkhasiat bagi tubuh. Diantaranya yaitu obat anti-penuaan, anti-kanker, obesitas, serta tekanan darah tinggi.
Sumber foto : teadrop.com.au

Nama : Vintage Narcissus Wuyi Oolong Tea
Harga : US$ 6.500 / 1.000 gram
Nilai tambah : - Teh hasil fermentasi ringan ini, yang dioksidasi hingga 60%, membuat rasanya jauh lebih nikmat dan segar.  Tanaman pohon teh Narcissus ini juga  harus dijaga kelembabannya agar bisa dapat daun yang sempurna, oleh karenanya, setiap enam bulan selalu kelembabannya dijaga agar tidak cepat mongering.  Karena pemeliharaan tanaman yang sangat terjaga, teh Narcissus ini memiliki rasa kayu, bunga dan cokelat.
    - Konon, mahalnya harga teh ini karena sudah berusia lebih dari 50 tahun. Saat itu, teh hasil panenan di gunung Wuyi  propinsi Fujian ini dikemas dalam kotak 20 kg. Selanjutnya diekspor ke Singapura pada tahun 60-an. Setelah berpindah tangan beberapa kali, akhirnya teh Narcissus ini dimiliki oleh seorang Cina berkebangsaan Malaysia. Selanjutnya dilelang di Balai Lelang Hongkong. 
Sumber foto : vietbao.vn

Nama : PG Tips Diamond Tea Bag
Harga : US$ 15.000 / 1.000 gram
Nilai tambah : - Pada tahun 2005, pada kesempatan ulang tahun ke-75 dari PG Tips, yang terkenal perusahaan teh Inggris meluncurkan bertatahkan berlian kantong teh desainer dengan tag harga $ 15.000. 
    - Setiap salah satu dari kantong teh ini sangat mahal berisi 280 berlian dengan kualitas yang sangat baik, dan penuh dengan Silver Tips Imperial Tea dari perkebunan Makibari, teh Darjeeling yang paling mahal di dunia. Handcrafted oleh Boodles perhiasan, kantong teh yang digunakan untuk mengumpulkan uang untuk amal di Manchester, Inggris.
Sumber foto : habizabi.com

Nama : Panda Dung Tea
Harga : US$ 70.000 / 1.000 gram
Nilai tambah : - Sesuai namanya, panda dung tea merupakan teh yang terbuat dari kotoran panda. Mungkin ini merupakan saingan terberat dari kopi luwak, karena mereka sama-sama terbuat dari kotoran, hanya berbeda hasil bahannya saja. Meski kedengarannya cukup menjijikan, namun teh jenis ini menjadi minuman paling dicari di China, khususnya di provinsi Yaan, Sichuan.  Mereka rela menghabiskan uang ratusan juta rupiah demi mendapatkan teh ini setiap kilonya.
    - Teh yang dihargai sangat mahal ini tercipta dari ide seorang pakar satwa liar asal China, bernama An Yanshi. Dia berhasil mencampurkan teh hijau dengan kotoran panda untuk menghasilkan teh dengan aroma yang khas. Metode pembuatan teh ini masih sangat rahasia, tetapi dia menjanjikan orang yang meminumnya akan merasakan sensasi rasa yang matang dan akan mengeluarkan aroma kacang yang khas saat diseduh.
Sumber foto : naohiloq.com

Nama : Da Hong Pao Tea
Harga : US$ 1.200.000 / 1.000 gram
Nilai tambah : - Negeri tirai bambu memang sudah dikenal sebagai negara asal teh.  Nama Da Hong Pao Tea  artinya adalah kemasan kantung berwarna merah.  Jenis teh varietas oolong ini begitu melegenda, diyakini ditemukan sejak Dinasti Ming. Menurut legenda, ibu dari seorang kaisar dinasti ming disembuhkan dari penyakit oleh teh misterius ini. Kaisar mengutus orang-orangnya untuk melacak asal-usul teh tersebut, dan ditemukan bertengger tinggi di atas batu di gunung wuyi.
    - Tanaman teh itu masih bertahan hingga kini dan sangat dihormati. Bahkan da hong pao dianggap sebagai harta nasional China yang sangat berharga. Teh ini hampir tidak ditemukan untuk dijual, dan ramuannya tetap dirahasiakan. Tak heran jika harga teh da hong pao dibandrol sangat tinggi.
    - Apa yang begitu istimewa dari teh ini, yang membuatnya dihargai begitu  mahal? Para pejabat cina mengklaim bahwa teh ini kaya akan rasa bunga dan membuat mulut anda tetap wangi, bahkan beberapa menit setelah diminum.  Kabarnya, teh ini juga bermanfaat sebagai teh obat. Teh da hong pao kerap dijadikan sebagai hadiah dari pemerintah china kepada para pejabat dan orang terhormat yang berkunjung ke negeri tirai tersebut.
Sumber foto : tesheshi.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×