kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Rekomendasi obat asam urat dari bahan-bahan alami


Rabu, 31 Maret 2021 / 12:33 WIB
5 Rekomendasi obat asam urat dari bahan-bahan alami
ILUSTRASI. Obat asam urat bisa Anda dapat dari bahan alami di sekitar Anda.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Jumlah asam urat yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah. Salah satunya adalah sendi terasa sakit karena mengalami peradangan atau pembengkakan. Jika Anda mengalami hal itu, ada beberapa obat asam urat yang bisa Anda konsumsi.

Ada banyak pilihan obat yang bisa Anda konsumsi, baik obat yang dijual di apotek atau obat yang berasal dari bahan-bahan alami. Bahan alami bisa Anda jadikan pilihan karena kandungan di dalamnya juga dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Apalagi, jika Anda memiliki penyakit atau kondisi kesehatan tertentu. Jika Anda tidak berkonsultasi dengan dokter, dikhawatirkan ada efek samping yang ditimbulkan dari bahan-bahan alami ini.

Buah beri

Mengutip dari E Times, buah beri berguna untuk menurunkan jumlah asam urat dalam tubuh. Blueberi, stroberi, atau jenis buah beri yang lain mengandung banyak antiinflamasi sehingga asam urat bisa berkurang.

Baca Juga: Manfaat buah mangga untuk kesehatan: meredakan radang sendi sampai mencegah stroke

Cuka apel

Jika Anda mencari obat asam urat dari bahan alami, cuka apel bisa Anda jadikan salah satu pilihan. Anda perlu mencampur 3 sendok teh cuka apel ke dalam satu gelas air hangat terlebih dahulu. Anda bisa minum campuran itu sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu hari.

Jeruk nipis

Salah satu manfaat jeruk nipis adalah berguna sebagai obat asam urat.

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis mampu melarutkan asam urat dalam tubuh Anda. Artinya, jumlah asam urat bisa berkurang jika Anda mengonsumsi jeruk nipis secara rutin. Cobalah untuk minum satu gelas yang telah dicampur air perasan jeruk nipis setiap hari.

Tak hanya mengandung banyak asam sitrat, jeruk nipis juga memiliki banyak vitamin C yang dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat. Selain jeruk nipis, masih banyak sumber makanan lain yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, buah kiwi, lemon, dan lain-lain.

Baca Juga: 4 Obat nyeri sendi dari bahan alami, bisa Anda coba

Teh hijau

Tahukah Anda bahwa teh hijau bisa digunakan sebagai obat asam urat? Tak hanya menurunkan jumlah asam urat, mengonsumsi teh hijau juga mampu menurunkan risiko encok. Untuk mendapat manfaat itu, cobalah untuk minum teh hijau setiap hari.

Minyak zaitun

E Times merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi minyak zaitun supaya jumlah asam urat berkurang. Jenis minyak itu mengandung banyak antioksidan dan antiinflamasi sehingga kesehatan tubuh secara keseluruhan bisa terjaga.

Selanjutnya: Asam urat sering kumat? Rambut jagung efektif meredakan asam urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×