kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Manfaat daun binahong yang berguna untuk kesehatan


Kamis, 08 April 2021 / 15:25 WIB
5 Manfaat daun binahong yang berguna untuk kesehatan
ILUSTRASI. Manfaat daun binahong bisa Anda dapat jika Anda mengonsumsinya secara rutin.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jika Anda mencari bahan alami yang memiliki banyak manfaat, daun binahong bisa dijadikan salah satu pilihan. Manfaat daun binahong berasal dari berbagai macam nutrisi yang terkandung di dalamnya. Mulai dari antioksidan, flavonoid, alkaloid, dan lain sebagainya.

Kandungan-kandungan itu mampu melawan radikal bebas penyebab berbagai jenis penyakit. Dengan begitu, kondisi tubuh secara keseluruhan bisa terjaga. Maka dari itu, cobalah untuk mengonsumsi daun binahong secara rutin.

Untuk mendapat manfaat tersebut, Anda perlu mengolah daun binahong dengan cara yang benar. Misalnya, jangan menyimpan daun binahong dalam kulkas atau memanaskan daun binahong kembali. Dengan mengonsumsi daun binahong secara benar, manfaat-manfaat ini akan terasa pada tubuh Anda.

Mengobati Penyakit Ginjal

Mengutip dari Drhealthbenefits.com, daun binahong berguna untuk mengobati penyait ginjal. Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, rebus 10 hingga 15 lembar daun binahong dalam segelas air. Minum air rebusan itu tiga kali dalam sehari.

Meski demikian, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter, ya. Tujuannya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Apalagi jika Anda sedang mengonsumsi jenis obat lain. Dikhawatirkan konsumsi daun binahong justru mengganggu efektivitas obat tersebut.

Baca Juga: Ini manfaat teh daun salam untuk kesehatan

Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat daun binahong selanjutnya adalah berguna sebagai penambah nafsu makan. Pertama, rebus lima lembar daun binahong dalam dua gelas air. Usahakan untuk minum air rebusan itu satu kali dalam sehari untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Meningkatkan Tekanan Darah

Selain meningkatkan nafsu makan, mengonsumsi daun binahong juga mampu meningkatkan tekanan darah, lo. Drhealthbenefits.com merekomendasikan Anda untuk minum air rebusan daun binahong satu kali dalam sehari. Saat tekanan darah stabil, risiko pingsan dan darah rendah lain bisa Anda hindari.

Baca Juga: 8 Manfaat daun sukun untuk kesehatan: Mengobati sakit gigi sampai asam urat

Menambah Energi

Tahukah Anda bahwa daun binahong mampu menambah energi? Jenis daun ini mengandung banyak protein yang mampu meningkatkan jumlah energi dalam tubuh. Anda perlu merebus dua lembar daun binahong dalam dua gelas air terlebih dahulu. Selanjutnya, minum air rebusan itu secara rutin.

Mengatasi Ambeien

Salah satu manfaat daun binahong adalah mengatasi ambeien.

Manfaat daun binahong selanjutnya bisa Anda gunakan sebagai obat ambeien, lo. Pertama, rebus 16 lembar daun binahong dalam tiga gelas air. Lakukan hal tersebut sampai air rebusan tersisa sekitar satu gelas. Minum air rebusan itu setiap hari supaya ambeien bisa cepat sembuh.

Selanjutnya: 6 Manfaat buah srikaya untuk kesehatan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×