kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Kebiasaan ini merusak kualitas tidur


Jumat, 12 Februari 2016 / 10:34 WIB
5 Kebiasaan ini merusak kualitas tidur


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Sudah mencoba segala cara dan masih saja sulit tidur? Jangan-jangan kebiasaan sore dan malam hari Anda yang jadi penyebabnya. Coba simak, adakah dari lima hal pengganggu tidur ini yang sering Anda lakukan.


1. Nonton TV
Anda punya serial TV favorit yang waktu tayangnya berbenturan dengan perjalanan pulang kantor. Supaya tidak ketinggalan, Anda minta keluarga untuk merekamnya supaya Anda bisa menonton sebelum tidur. 

Hasilnya, waktu tidur tertunda dan alih-alih mengantuk, Anda malah merasa segar karena terbawa jalinan cerita.

Menonton TV atau menatap layar komputer dan ponsel, sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur. Cahaya yang berasal dari benda-benda itu dapat menganggu jam biologis Anda.

Matikan TV, komputer dan jangan lagi bermain ponsel setidaknya 20 menit sebelum tidur.


2. Olahraga terlalu malam
Ngegym sesudah pulang kantor, tidak akan menganggu waktu tidur. Bahkan, olahraga rutin dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Yang jadi masalah adalah jika Anda olahraga beberapa jam mendekati waktu tidur. Pasalnya, olahraga akan membuat Anda semakin berenergi. Walhasil, mata Anda jadi lebih sulit terpejam.


3. Banyak pikiran
Apakah Anda terbiasa mengkhawatirkan pekerjaan kantor di waktu malam? Atau berpikir tentang masalah yang pelik sambil mencoba tidur? Percayalah, khawatir dan stres bukan hal yang cocok dilakukan malam hari.

Cobalah untuk melakukan peregangan ringan dan meditasi sebelum tidur untuk mengurangi rasa cemas. Keduanya akan membantu Anda untuk rileks sehingga lebih mudah untuk terlelap.


4. Makan berat
Akibat makan malam terlalu dini, belum lama terlelap, perut Anda berbunyi karena kelaparan. Tak mengapa melerai lapar dengan kudapan ringan secukupnya, atau makan buah. Tapi, jangan makan berlebihan.

Sama seperti rasa lapar, terlalu kenyang juga akan membuat perut tidak nyaman dan bisa menganggu kualitas tidur Anda.


5. Minum alkohol
Memang, alkohol bisa membuat Anda mengantuk. Tapi, tidak berarti Anda bisa tidur nyenyak karenanya.

Jika Anda ingin terbangun dengan perasaan segar esok pagi, ganti kebiasaan minum alkohol dengan minum teh herbal hangat setengah jam sebelum waktu tidur.

Teh herbal hangat dapat membantu merilekskan saraf, membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas. (Lily Turangan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×