kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 fungsi karbohidrat, justru bisa menurunkan berat badan


Jumat, 26 Februari 2021 / 11:03 WIB
5 fungsi karbohidrat, justru bisa menurunkan berat badan
ILUSTRASI. Fungsi karbohidrat bisa berjalan dengan baik, salah satunya dengan mengonsumsi oatmeal. Kontan/Alri kemas


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang menganggap bahwa mengonsumsi karbohidrat dapat menambah berat badan. Namun, bukan berarti Anda tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali. Ada banyak fungsi karbohidrat yang dibutuhkan tubuh Anda.

Satu hal penting yang perlu Anda ingat adalah pastikan untuk mengonsumsi karbohidrat dalam jumlah yang terkontrol. Dengan begitu, berat badan Anda akan terjaga dan tubuh Anda akan berfungsi secara optimal.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari mengonsumsi karbohidrat. Mulai dari kesehatan jantung terjaga, mood atu perasaan menjadi lebih baik, dan lain sebagainya. Pilihlah sumber karbohidrat yang Anda sukai supaya manfaat itu bisa Anda rasakan.

Meningkatkan Mood

Mengutip dari Eating Well (eatingwell.com), mengonsumsi karbohidrat dapat meningkatkan produksi serotonin. Serotonin adalah salah satu jenis bahan kimia di otak yang bisa membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia.

Baca Juga: Baik untuk kesehatan tubuh, mari ketahui 4 fungsi vitamin C

Menurunkan Berat Badan

Menurut sebuah penelitian di Brigham Young University, berat badan partisipan yang mengonsumsi lebih banyak karbohidrat justru mengalami penurunan. Penelitian itu dilakukan dengan memerhatikan kebiasaan makan wanita paruh baya selama dua tahun.

Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu fungsi karbohidrat adalah menjaga kesehatan jantung Anda.

Fungsi karbohidrat selanjutnya adalah mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menambah 5-10 g serat yang ada dalam karbohidrat dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat sebanyak sekitar 5%.

Tak hanya itu, jumlah kolesterol baik dalam tubuh pun ikut meningkat. Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang mengonsumsi lebih banyak biji-bijian. Supaya manfaat itu bisa Anda rasakan, cobalah untuk mengonsumsi brown rice, quinoa, atau oatmeal.

Baca Juga: Penting untuk tumbuh kembang anak, berikut manfaat serta makanan kaya vitamin A

Mengecilkan Lingkar Pinggang

Tak hanya mampu menurunkan berat badan seseorang, mengonsumsi karbohidrat juga dapat mengecilkan lingkar pinggang Anda. Melansir Eating Well, memenuhi kebutuhan tubuh akan karbohidrat dapat menurunkan jumlah lemak tubuh, apalagi lemak di bagian perut.

Mempertajam Memori

Selain fungsi karbohidrat yang sudah disebutkan, memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi itu juga mampu mempertajam memori Anda, lo. Menurut penelitian di Tufts University, wanita yang mengalami obesitas justru memiliki nilai tes yang lebih rendah setelah menjalankan program diet rendah karbo.

Selanjutnya: Catat, inilah 3 fungsi lemak yang perlu Anda ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×