kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Sayuran yang efektif menurunkan asam urat tinggi


Kamis, 29 April 2021 / 10:45 WIB
4 Sayuran yang efektif menurunkan asam urat tinggi


Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penderita asam urat harus selektif memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Ini sayuran yang bisa menurunkan asam urat tinggi. 

Penyakit asam urat bisa menyerang laki-laki dan perempuan. Mengutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan, umumnya penyakit asam urat mulai menyerang seseorang saat menginjak usia 30 tahun.

Baca Juga: 5 Minuman segar yang efektif menurunkan asam urat tinggi

Seseorang menderita asam urat karena adanya peningkatan produksi asam urat dalam tubuh. Sehingga, asam urat menumpuk dan mengendap di dalam sendi-sendi. 

Hal ini menyebabkan seseorang merasa nyeri sendi di bagian tertentu. Umumnya, penderita asam urat menderita nyeri di bagian jempol kaki. 

Penderita pasti merasa tidak nyaman dan sulit beraktivitas saat asam urat kambuh. 

Asal tahu saja, penyakit asam urat dipicu oleh sejumlah faktor salah satunya adalah mengonsumsi makanan mengandung purin tinggi secara berlebihan. 

Mengutip dari situs Kompas.com, beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi adalah jeroan, otak sapi, kembang kol, dan hati sapi. 

Umumya, penderita minum obat resep dokter untuk menurunkan kadar asam urat. Opsi lainnya, sebagian orang bisa mengonsumsi sayuran yang memiliki manfaat menurunkan asam urat tinggi.

Sayuran penurun asam urat tinggi 

Sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang baik untuk tubuh. Ada beberapa jenis sayuran yang memiliki khasiat menurunkan asam urat tinggi, berikut uraiannya. 

1. Seledri

Seledri mengandung provitamin A, vitamin C, B, Kalsium, Fosfor, Natrium, Magnesium, dan Kalium. Seledri juga memiliki sifat farmakologis diuretik. 

Seledri mampu menurunkan kadar asam urat melalui urin. Asal tahu saja, masyarakat Jepang kerab mengonsumsi jus seledri untuk menyembuhkan rematik dan asam urat. 

2. Tomat dan mentimun

Melansir dari Kompas.com, tomat dan mentimun kaya akan antioksidan yang bermanfaat mengontrol kadar asma urat dalam darah. 

3. Kentang 

Melansir dari Sajiansedap.grid.id, kentang memiliki efek farmakologis antiradang. Selain itu, kentang mengandung vitamin B6 yang bisa meredakan nyeri dan bengkak akibat asam urat. 

4. Brokoli 

Brokoli mengandung vitamin C yang bermanfaat menurunkan dan mengontrol asam urat dalam darah. 

Anda bisa memilih salah satu dari sederet sayuran di atas untuk dikonsumsi secara rutin, agar kadar asam urat mendekati nilai normal. 

Baca Juga: Segar, infused water ceri bermanfaat menurunkan asam urat tinggi

Selanjutnya: Kompres jahe efektif meredakan nyeri akibat asam urat tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×