kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Rekomendasi makanan bergizi untuk dikonsumsi setiap hari


Selasa, 26 Januari 2021 / 08:12 WIB
4 Rekomendasi makanan bergizi untuk dikonsumsi setiap hari
ILUSTRASI. Kentang termasuk salah satu makanan bergizi yang dapat Anda konsumsi. ANTARA FOTO/Anis Efizudin/pd/18


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengonsumsi makanan bergizi penting untuk Anda lakukan supaya kebutuhan nutrisi tubuh tercukupi. Namun, karena jumlah makanan yang bisa Anda konsumsi terbatas, Anda perlu mengaturnya dengan bijak.

Ada banyak jenis makanan yang bisa Anda pilih, misalnya salmon. Salah satu nutrisi penting yang terkandung dalam salmon adalah asam lemak omega-3. Jenis nutrisi itu dibutuhkan tubuh agar tetap bekerja secara optimal.

Selain itu, asam lemak omega-3 berguna pula untuk menurunkan risiko berbagai macam penyakit. Dalam 100 g salmon, Anda bisa mendapat 2.8 g asam lemak omega-3 bersama dengan nutrisi penting lainnya. Tak hanya salmon, masih ada banyak pilihan makanan yang lain, lo.

Rumput Laut

Mengutip dari Healthline (healthline.com), rumput laut mengandung banyak mineral, seperti kalsium, mangan, zat besi, dan magnesium. Rumput laut juga mengandung banyak antioksidan, antiinflamasi, dan iodin.

Iodin adalah salah satu jenis mineral yang berfungsi untuk memproduksi hormon tiroid. Dengan mengonsumsi rumput laut secara rutin, kesehatan tubuh bisa terjaga. Anda dapat mengonsumsi rumput laut dengan berbagai cara. Mulai dari memakannya langsung hingga minum suplemen.

Baca Juga: 10 Makanan yang efektif meningkatkan daya tahan tubuh Anda

Bawang Putih

Bawang putih termasuk dalam makanan bergizi.

Bawang putih termasuk dalam salah satu makanan bergizi yang perlu Anda konsumsi secara rutin. Tak hanya melezatkan makanan, bawang putih juga memiliki vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, kalsium, mangan, dan kalium.

Menurut sebuah penelitian, senyawa sulfur dalam bawang putih yang bernama allicin mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat. Artinya, risiko sakit jantung pun bisa berkurang. Tak berhenti sampai di situ, bawang putih juga mengandung antibakteri dan antijamur.

Kentang

Healthline mengatakan bahwa kentang termasuk dalam jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi. Dalam sebuah kentang berukuran besar, Anda bisa mendapat kalium, magnesium, zat besi, vitamin C, dan vitamin B.

Baca Juga: Catat, ini 5 pilihan makanan yang mengandung mineral

Bluberi

Bluberi tidak boleh ketinggalan untuk masuk dalam daftar makanan bergizi. Jenis buah ini memiliki banyak antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi otak Anda. Menurut sebuah penelitian, bluberi bisa meningkatkan memori orang dewasa.

Sama seperti bawang putih, bluberi dapat pula menurunkan tekanan darah. Artinya, bluberi cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi secara rutin. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa bluberi mampu melawan sel kanker.

Selanjutnya: 5 Pilihan makanan berserat untuk memenuhi kebutuhan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×