kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Pantangan asam urat ini perlu Anda hindari


Jumat, 23 Oktober 2020 / 13:45 WIB
4 Pantangan asam urat ini perlu Anda hindari


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - Salah satu pantangan asam urat yang perlu dipatuhi adalah membatasi konsumsi makanan yang mengandung banyak purin. Jika Anda mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan purin tinggi, bisa-bisa asam urat semakin menumpuk sehingga menyebabkan sendi dan tulang tak nyaman.

Setelah makanan yang mengandung purin dikonsumsi, tubuh akan memecahnya menjadi asam urat. Dikutip dari situs Creaky Joints, makanan dengan purin tinggi hanya menyumbang 15% dari jumlah keseluruhan asam urat dalam tubuh.

Gen berperan penting dalam banyaknya asam urat dalam tubuh seseorang. Meski demikian, menghindari jenis makanan yang jadi pantangan asam urat berikut tetap penting untuk Anda lakukan:

Alkohol

Mengonsumsi anggur merah atau wine, bir, dan minuman berlkohol lainnya perlu Anda batasi agar jumlah asam urat tak semakin banyak. Semakin banyak Anda mengonsumsi alkohol, maka risiko terkena penyakit asam urat juga semakin tinggi.

Usahakan untuk membatasi konsumsi alkohol tiap hari. Sebaiknya, wanita tak mengonsumsi lebih dari satu porsi dan pria tak mengonsumsi alkohol lebih dari dua porsi.

Baca Juga: Punya asam urat tinggi? Hindari 8 jenis makanan ini

Minuman ringan

Minuman ringan, seperti soda, adalah salah satu pantangan asam urat yang perlu dihindari.

Melansir Creaky, minuman ringan atau soft drink adalah pantangan asam urat lainnya yang perlu Anda perhatikan. Mengonsumsi minuman dengan kandungan fruktosa tinggi bisa meningkatkan risiko encok atau asam urat.

Salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMJ membuktikan hal itu. Seseorang yang mengonsumsi lebih dari dua porsi soda tiap hari 85% lebih berisiko mengalami asam urat daripada mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi soda tiap bulan.

Seafood

Anda perlu menghindari beberapa jenis seafood atau hidangan laut yang mengandung banyak purin. Misalnya, ikan teri, kepiting, udang, dan ikan sarden. Sebuah penelitian dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville membuktikan hal tersebut.

Menurut penelitian, seseorang yang mengonsumsi terlalu banyak seafood dengan purin tinggi berpotensi 50% lebih tinggi terkena asam urat. Jika Anda terpaksa mengonsumsi seafood yang mengandung banyak purin, coba seimbangkan dengan brokoli atau lemon.

Baca Juga: Catat, 9 jenis makanan yang aman dikonsumsi penderita asam urat

Jeroan

Pantangan asam urat lainnya adalah jeroan. Sebaiknya, ganti konsumsi jeroan dengan jenis makanan lain yang mengandung sedikit purin.

Contohnya, daging unggas, daging sapi, jamur, atau kacang kenari. Namun, pastikan untuk tetap tidak berlebihan saat mengonsumsinya, ya.

Selanjutnya: Asam urat naik lagi? Jus nanas efektif mengobati asam urat Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×