kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

4 Opsi obat asma dari bahan alami yang bisa Anda coba


Rabu, 07 April 2021 / 14:07 WIB
4 Opsi obat asma dari bahan alami yang bisa Anda coba


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis obat asma yang bisa Anda coba. Selain obat yang dijual di pasaran, Anda juga bisa mengatasi asma dengan menggunakan bahan-bahan alami. Namun, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghindari faktor-faktor pemicu asma.

Mengutip dari Rapid Home Remedies (rapidhomeremedies.com), asma bisa dipicu karena banyak hal. Mulai dari debu, asap rokok, polusi, dan lain sebagainya. Faktor-faktor itu dapat menyumbat saluran pernapasan yang menyebabkan Anda mengalami asma.

Biasanya, asma ditandai dengan sesak napas, mengi, batuk, dan lain-lain. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter. Beberapa bahan alami ini juga mampu mengurangi gejala yang sering Anda alami.

Madu

Madu adalah salah satu bahan alami yang efektif dijadikan obat asma karena mengandung antioksidan, asam amino, vitamin, dan mineral yang lain. Bahan alami tersebut lebih cocok digunakan untuk meredakan batuk akibat asma.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba. Pertama, konsumsi 1 sdt madu dan ½ sdt bubuk kayu manis setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa minum segelas air hangat yang telah diberi 1 sdt madu setiap hari supaya gejala asma bisa berkurang.

Baca Juga: Jangan anggap enteng! Ini 10 tanda penyakit paru-paru yang harus diwaspadai

Pare

Mengonsumsi pare juga bisa Anda coba sebagai cara mengatasi asma. Menurut sebuah penelitian, rasa pahit yang berasal dari pare mampu mengobati asma secara cepat dan efektif. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah.

Pertama, campur 1 sdt pare yang sudah diparut dengan 1 sdt madu. Setelah itu, konsumsi campuran itu tiap sebelum tidur. Ulangi langkah-langkah tersebut secara rutin untuk mendapat hasil yang diinginkan.

Cuka Apel

Mengutip dari Rapid Home Remedies, cuka apel cukup efektif mengatasi asma, apalagi yang dipicu akibat heartburn atau GERD. Pertama, campur 1 sdm cuka apel ke segelas air. Anda bisa minum campuran tersebut secara rutin atau satu jam setelah mengi tidak berhenti.

Baca Juga: Anda perlu waspada, ini 5 penyebab nyeri ulu hati

Bawang Putih

Bawang putih bisa Anda manfaatkan sebagai obat asma.

Bawang putih juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat asma, lo. Caranya, rebus 30 ml susu yang sudah diberi 10 siung bawang putih. Konsumsi minuman itu setiap hari supaya gejala asma bisa teratasi dengan baik.

Selanjutnya: Bahan alami ini cocok jadi obat sesak nafas, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×